OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Inilah 5 Izin Tinggal yang Bikin Orang Asing Bisa Beli Properti di Indonesia

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Ade Miranti

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Syarat orang asing bisa memiliki properti di Indonesia harus memiliki izin tinggal. Ada lima jenis izin tinggal yang diatur dalam keimigrasian, yaitu izin tinggal diplomatik, izin tinggal dinas, izin tinggal kunjungan, izin tinggal terbatas, dan izin tinggal tetap.

Direktur Izin Tinggal Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM, Friement FS Aruan, menyampaikan, tidak ada ketentuan imigrasi yang menyulitkan bagi orang asing yang ingin memiliki properti di Indonesia.

Baca juga: Cuma di Sini Bisa Beli Properti di 56 Negara!

“Jadi orang asing yang paspornya dicap oleh keimigrasian, itu artinya orang asing itu sudah punya izin tinggal. Jadi bisa membeli properti di Indonesia,” katanya dalam Forum Group Discussion (FGD), Jakarta, Senin (31/10).

Masalah lain yang mengemuka pada acara FGD tersebut, terkait masa Hak Huni yang tercantum pada Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN No. 29 Tahun 2016, tentang pelepasan dan pengalihan hak atas hunian. Hak Huni rumah tapak atau rusun diberikan 30 tahun, tapi dapat diperpanjang 20 tahun lagi, dan diperbarui 30 tahun lagi. Jadi, total 80  tahun tapi bertahap.

Baca juga: Orang Asing Kini Boleh Beli Hunian di Indonesia, Asal…

Beberapa pengembang yang hadir mengemukakan orang asing lebih memilih beli properti di Singapura ketimbang Indonesia. Singapura memberikan hak huni langsung selama 99 tahun tanpa mengurus perpanjangan berkali-kali.

Tenaga Ahli Kementerian ATR/BPN, JP Tamtomo, menambahkan, terkait masa kepemilikan properti oleh orang asing di Indonesia memang masih dikaji ulang untuk terus diperbaiki.

“Kita lihat negara komunis seperti Vietnam juga sudah meliberalisasi ekonominya. Ke depan kita akan menuju ke arah tersebut,” katanya. (Wit)

 


Tag: , , , , ,