Perbedaan Coworking Space dan Virtual Office

Simak beberapa perbedaan coworking space dan virtual office yang kini banyak kamu temukan. Cari tahu secara lengkap di sini!

Dalam beberapa tahun ke belakang, perusahaan rintisan seakan tumbuh subur di Indonesia baik yang terus berkembang maupun juga menutup diri.

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan perkantoran seakan menjadi hal yang penting meski harganya semakin tidak terjangkau.

Untuk menyiasati hal tersebut, pastinya ada berbagai cara untuk memotong biaya sehingga operasional terjaga dengan baik.

Pemotongan biaya operasional tersebut juga termasuk dengan sewa kantor yang lebih terjangkau, salah satunya dengan menggunakan coworking space maupun virtual office.

Meski masa peralihan pandemi ke endemi, tak sedikit perusahaan yang menerapkan WFA sehingga mereka cenderung lebih membutuhkan kantor berukuran kecil.

Usut punya usut, ternyata masih ada banyak orang yang salah kaprah terkait perbedaan coworking space dan virtual office.

Apa saja perbedaan yang perlu kamu ketahui? Simak pembahasannya bersama-sama di bawah ini!

Perbedaan Coworking Space dan Virtual Office yang Harus Kamu Ketahui 

Kamu bisa melihat beberapa perbandingan coworking space dan virtual office secara lengkap melalui berbagai pendekatan sebagai berikut: 

1. Coworking Space 

Just Co The Plaza Coworking Space Sumber : Justcoglobal.com

Sebagian besar pebisnis sudah familier dengan istilah yang satu ini. 

Pasalnya, coworking space adalah sebuah tempat di mana sekelompok pekerja, biasanya bukan berasal dari perusahaan yang sama, berkumpul untuk menyewa fasilitas kantor dalam kurun waktu tertentu.

Fasilitas yang tersedia setidaknya berupa meja dan kursi, koneksi internet, ruang pribadi untuk meeting dan fasilitas multimedia.

Coworking space juga dapat menyediakan jasa resepsionis yang membantu menerima dan meneruskan telepon atau surat kepada penyewa coworking space.

Dalam hal ini, perbedaan coworking space dan virtual office juga biasanya digunakan oleh pekerja lepas atau sekelompok calon pendiri bisnis yang mengutarakan ide dan rencana sampai matang.

Kamu juga dapat berkolaborasi dalam suasana yang lebih nyaman dan kondusif.

2. Virtual Office 

Virtual Office Sumber : Voffice.co.id

Pilihan kedua selain coworking space adalah virtual office, yang serupa tapi tak sama.

Meski virtual office mempunyai fungsi yang mirip dengan coworking space dengan menyediakan fasilitas kantor sangat lengkap, namun ada perbedaan yang jelas pada fungsi dasar.

Perbedaan coworking space dan virtual office dalam hal ini ada kaitannya dengan alamat resmi perusahaan.

Pasalnya, alamat dan izin perlu dicatat dalam akta pendirian dan perizinan perusahaan. Penentuan alamat merupakan syarat Surat Keterangan Domisili Perusahaan.

Hal tersebut diperlukan untuk mengurus perizinan seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan pengurusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Selain itu, perbedaan coworking space dan virtual office juga berkaitan pada penyewaan ruang fisik yang tidak dilakukan seperti coworking space.

Kelebihan dan Kekurangan Coworking Space 

We Work Revenue Tower Sumber : Wework.com

Selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan coworking space yang meliputi: 

1. Fleksibilitas Tinggi 

Biaya sewa coworking space pastinya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan sewa kantor biasa, meski berkerumun tetapi tetap ada sekat pembatas.

Jenis kantor ini juga memiliki fungsi yang esensial, tak terkecuali untuk rapat sehingga privasi dapat disesuaikan dengan baik.

2. Meningkatkan Semangat Kerja 

Perbedaan coworking space dan virtual office dalam hal ini, adalah orang yang bekerja di tempat ini merasa pekerjaannya lebih berarti.

Ini disebabkan karena mereka bekerja bersama dan membagi karyawan dengan perusahaan lain sehingga mempermudah proses interaksi dan keterkaitannya. 

3. Jejaring Baru 

Coworking space bisa menjadi salah satu ladang jejaring terbaik untuk kamu, terlebih jika kamu adalah sosok yang mudah mengakrabkan diri.

Alih-alih berbeda perusahaan, bukan tak mungkin kamu dapat rekan kerja maupun berkolaborasi.

4. Kenyamanan dan Keamanan Terjaga 

Dibanding saat kamu kerja di kafe, bekerja di coworking space akan lebih kondusif untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan aturan tertentu.

Coworking space juga menyediakan berbagai kebutuhan lainnya seperti akses Wifi yang cepat, kebersihan terjamin dan dukungan produktivitas kerja yang baik. 

5. Sulit Menjaga Privasi 

Apabila kamu adalah seorang introvert, maka lokasi kerja ini perlu dipertimbangkan kembali dengan baik.

Bukan tak mungkin coworking space tidak cocok untuk kamu yang ingin menjaga privasi dan tidak suka suasana kantor yang sangat berisik.  

6. Peluang Bertemu dengan Kompetitor 

Alih-alih dapat jejaring, perbedaan coworking space dan virtual office juga membuka kemungkinan untuk bertemu kompetitor utama.

Hal ini akan sangat sensitif, untuk menjadi pertimbangan apabila kamu sedang melakukan promosi pemasaran.

7. Sulit Meredam Konflik 

Ketika konflik antar pengguna coworking space, maka susah diselesaikan, kecuali ada pihak yang mengatur hubungan antar penyewa.

Hal ini akan menimbulkan domino, sehingga kamu perlu mempertimbangkan dengan matang.

Kelebihan dan Kekurangan Virtual Office 

Contoh Virtual office Sumber : Et-consultant.com

Selanjutnya, kamu juga perlu ketahui kelebihan dan kekurangan penggunaan virtual office untuk perusahaan rintisan secara lengkap berikut ini : 

1. Menghemat Operasional Kantor 

Perbedaan coworking space dan virtual office ada pada bangunan fisik, dimana coworking space masih menggunakan ruang sementara virtual office tidak perlu.

Artinya, biaya operasional tidak perlu dipikirkan lagi karena semuanya sudah termasuk dalam biaya sewa yang dipilih perusahaan.

2. Baik untuk Citra Perusahaan 

Paket dari layanan virtual office adalah mampu memberikan alamat perusahaan, meski dalam satu ruang sederhana saja.

Artinya, kamu bisa menggunakan alamat tersebut untuk domisili yang sah sehingga mempermudah proses surat menyurat maupun kepentingan bisnis.

3. Mudah Ganti Kantor 

Virtual office menyediakan paket sewa yang bervariasi baik bulanan hingga tahunan, sehingga kamu bisa berpindah kantor sewaktu-waktu.

Hal ini akan mempermudah kamu saat mencari klien maupun menemukan tempat strategis lainnya untuk pindah layanan virtual office.

4. Hemat Waktu 

Virtual office menandakan kamu tidak harus datang ke kantor setiap hari, bahkan bekerja bisa kapan saja dan di mana saja.

Kamu tidak perlu membuang waktu berjam-jam untuk ke kantor, sehingga bisa dimanfaatkan menjadi lebih efektif.

5. Hubungan dan Karyawan Kurang Dekat 

Perbedaan coworking space dan virtual office yang perlu kamu ketahui ada pada kekerabatan dan hubungan antar karyawan.

Jika coworking space memungkinkan adanya kolaborasi, maka virtual office cenderung lebih banyak dilakukan secara daring.

Komunikasi dengan pekerja mungkin terjadi dengan baik di berbagai platform, namun lebih banyak kepada hal pekerjaan tanpa mempertimbangkan aspek personal.

Meski terlihat biasa, namun bisa mengganggu pekerjaan apabila terjadi perselisihan.

6. Karyawan Kurang Fokus 

Karena tidak berinteraksi langsung, karyawan mungkin mudah kehilangan fokus saat menyelesaikan tugas mereka.

Untuk hal ini perlu dilakukan evaluasi rutin yang perlu diterapkan, untuk mengendalikan kinerja karyawan sehingga senantiasa termotivasi dan fokus untuk tujuan masing-masing.

7. Waktu Kerja Kerap Disepelekan 

Masalah ini cukup dominan sebagai perbedaan coworking space dan virtual office terlebih pada saat jam kerja.

Mereka yang menyelesaikan pekerjaan jarak jauh kerap santai dan merasa waktu tidak dipermasalahkan, sehingga mereka bekerja hingga waktu larut.

Itulah beberapa perbedaan coworking space dan virtual office yang perlu kamu ketahui untuk memenuhi kebutuhan perusahaan rintisan.

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Wujudkan rumah impian berwawasan lingkungan bersama Podomoro Park Bandung, selengkapnya di Rumah123.com dan dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

Bagikan:
389 kali