Walaupun banjir telah surut, permasalahan tak selesai sampai di situ saja. Ada banyak warga yang menemukan ular ketika membersihkan sisa banjir di rumah mereka. Bahkan dari banyak video yang beredar, beberapa video viral karena penampakan ular yang berenang di pemukiman warga. Sebenarnya, apa yang menyebabkan banyak ular masuk ke rumah warga ketika banjir? Dilansir dari Cnnindonesia.com, peneliti Reptil dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan fenomena ini. 

Ular muncul karena mencari tempat aman

Ular merupakan hewan yang bernapas dengan paru-paru. Ular bukanlah hewan akuatik yang hidupnya di air. Maka dari itu ketika banjir naik, ular pun mencari permukaan lebih tinggi, sama dengan manusia. Habitat ular juga ikut terganggu ketika banjir. Biasanya mereka hidup di dalam tanah dan gorong-gorong. Lantaran terendam air, ular berenang ke permukaan dan mencari tempat aman untuk menyelamatkan diri. 

Ular terbawa arus banjir 

Selain karena mencari tempat aman, ular yang bermunculan ketika banjir bisa jadi karena terbawa arus banjir dari daerah hulu. Untuk beberapa jenis ular seperti ular piton dengan pola batik alami, kemungkinan merupakan peliharaan warga di lingkungan sekitar yang terbawa arus banjir. 

Ular mampu beradaptasi dengan habitat manusia

Menurut Amir, ular mampu beradaptasi dengan habitat manusia. Sehingga sangat mungkin ular hidup di perkotaan. Kemampuan ular hidup di kota besar juga didukung dengan ketersediaan makanan yang banyak yaitu tikus. Sehingga, ular-ular ini kerap ditemukan di gorong-gorong.

Jenis ular yang sering muncul saat banjir

Ular-ular yang kerap muncul saat banjir adalah ular yang hidup di sekitar manusia. Misalnya seperti kobra, piton, ular pelangi, ular pemakan cicak. Ketika terjadi banjir, artinya air melimpah, dan ular akan mencari tempat yang lebih tinggi, terutama ular kobra. 

Apa yang harus dilakukan ketika menemukan ular saat banjir?

Dilansir dari Kompas.com, Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat mengimbau warga untuk menghindari ular tersebut untuk sementara. Jika bisa ditangani, tangkap dan ambil ular ke dalam karung. Jika tak punya pengalaman mengatasi ular, segera panggil petugas pemadam kebakaran. 

Bagikan:
6147 kali