OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Ini Dia Wadah Penyimpanan Untuk Rumah Anda

11 Oktober 2023 · 3 min read Author:

Wadah penyimpanan build in, biasanya dirancang disesuaikan dengan ukuran ruangan.

 

Rumah Anda berantakan karena tidak ada tempat untuk menambung barang-barang? Kini permasalahan tersebut dapat diatasi dengan wadah penyimpanan atau storage.

 

Menurut Ibnu Khalis dalam bukunya Interior Rumah dengan Storage: Rak Penyimpanan, wadah penyimpanan dibagi menjadi beberapa bentuk, model dan fungsi. Mulai dari wadah penyimpanan serbaguna, gantungan, box and container, lemari kaca, lemari tutup, built-in, hingga free standing.

 

1.  Wadah penyimpanan serbaguna

Bagi Anda yang mempunyai ruang terbatas, penggunaan wadah penyimpanan serbaguna merupakan jalan pintas terbaik. Jenis wadah ini dapat memadukan tempat penyimpanan barang yang satu dengan yang lainnya. 

 

Misalnya, pemanfaatan rak pada bagian bawah tempat tidur untuk tempat penyimpanan atau penggunaan laci bagian bawah meja ruang tamu sebagai tempat penyimpanan buku atau majalah. Furnitur seperti itu memang jarang dijual di pasaran, oleh karena itu Anda bisa memanfaatkan ahli mebel untuk membuat dan merancangnya.

 

2. Wadah penyimpanan gantungan

Di pasaran jenis wadah penyimpanan ini mudah ditemui dan memiliki beragam bentuk. Sebenarnya fungsi wadah penyimpanan gantungan untuk tidak hanya kemeja, gaun, jas, dan pakaian lain yg butuh kerapihan, di dalam lemari bisa juga untuk menggantung ikat pinggang, dasi dan lain sebagainya. Gunakan gantungan yang ditempel pada balik pintu lemari.

 

Untuk penggunaan di kamar mandi, wadah penyimpanan ini sebaiknya dipilih yang terbuat dari plastik atau aluminium yan tahan air dan cukup udara. Jangan taruh barang-barang tersebut di washtafel karena akan menimbulkan noda.

 

3. Wadah penyimpanan bentuk box dan container

Jenis storage box dan container ini dijual dengan beragam bahan, bentuk, dan ukuran. Sebagai bahan dasarnya bisa digunakan plastik, kayu, serat, rotan, dan lain-lain. Jika Anda membelinya dalam kondisi tidak ada tutupnya, maka box tersebut harus diberi penutup plastik agar tidak mudah kotor dan berdebu, sehingga barang yang tersimpan selalu tertata rapi dan bersih.

 

4. Wadah penyimpanan dari kaca

Biasanya wadah penyimpanan memiliki fisik yang unik sekaligus transparan ini bisa dijadikan sebagai pemanis ruang. Jika kaca transparan kurang diminati, Anda bisa menggunakan kaca es yang lebih buram.

 

5. Wadah penyimpanan lemari tertutup

Jenis ini banyak diminati karena mampu melindungi baran dari debu dan udara yang merusak. Kelebihan wadah penyimpanan ini adalah gaya daun pintu dan handle lemari yang mempunyai variasi model, bentuk, dan gaya sehingga membuat tampilan lemari lebih unik dan terlihat elegan.

 

6 Wadah penyimpanan built-in

Bersifat permanen dan tidak bisa dipindah maupun digeser. Biasanya, pembuatannya dirancang secara bersamaan dengan pembangunan rumah. Terkadang, storage ini digunakan untuk memaksimalkan ruang yang ada di dalam rumah sehingga terlihat luas dan menarik. Bahan dasar storage ini biasanya adalah kayu solid, jati, dan bahan-bahan lain yang kuat.

 

7. Wadah penyimpanan free standing

Sifat wadah penyimpanan yang satu ini tidak permanen dan mudah dipindahkan dan digeser. Bagi Anda yang sering mengganti tema pada sebuah ruangan, wadah penyimpanan ini bisa dijadikan solusi yang baik. Tersedia dalam bentuk satu pasang furnitur yang senada agar lebih mudah menata dan mengelola ruangan.

 

Haryanto
Foto: Dedy Mulyadi