tv led terbaik- Rumah123.com Samsung Q9FN QLED Smart 4K UHD TV Menjadi TV LED Terbaik 2019 Versi PCMag.com. Televisi Ini Masuk Dalam Editor's Choice (Foto: Rumah123/Samsung)

Bagi kamu yang bosan dengan televisi di rumah, saatnya untuk menggantinya dengan televisi atau tv LED terbaik. Ada beragam pilihan merek.

Perkembangan barang elektronik memang sangat pesat. Saat ini, televisi semakin ramping dan ringan. Selain itu, ukuran layarnya pun semakin besar. Harganya juga semakin terjangkau lantaran selalu ada produk terbaru setiap tahunnya.

Dulu, layar televisi masih menggunakan CRT (Cathode Ray Tube). Pastinya orang tua kamu memiliki televisi ini pada era 1990-an. Televisi yang masih menggunakan tabung ini memang besar. Untuk memindahkannya tidak bisa seorang diri kecuali televisi berukuran kecil.

Baca juga: Televisi Ini Didesain Seperti Artwork di Dinding Lho, Mau Punya?

Lantas, muncul televisi dengan layar LCD (Liquid Crystal Display). Televisi LCD tidak berumur lama, lantaran muncul televisi LED (Light Emitting Diode).

Bahkan, saat ini sudah ada lagi televisi OLED (Organic  Light Emitting Diode). Televisi tidak hanya semakin tipis tetapi bisa digulung seperti tikar atau karpet.

Televisi LED memiliki sejumlah keunggulan yaitu pertama, skala warna yang lebih banyak dibandingkan televisi jadul. Kedua, bisa sangat tipis, ada sejumlah layar yang hanya setelah 13 mm (millimeter).

Baca juga: LG Electronics Perkenalkan Televisi yang Bisa Digulung

Ketiga, televisinya memiliki bobot yang ringan. Keempat, biasanya konsumsi listrik lebih rendah 20-30 persen. Kelima, televisi ini bisa cukup tangguh dan awet.

TV LED Terbaik 2019

Ada sejumlah merek televisi atau tv LED terbaik selama 2019. Masing-masing memiliki keunggulan. Situs Pcmag.com mengulasnya.

Bagi yang menyukai produk Korea Selatan, ada televisi Samsung dengan produk bernama Samsung Q9FN QLED Smart 4K UHD TV. Televisi yang memiliki lebar layar 65 inci ini termasuk editor’s choice (pilihan redaktur situs Pcmag.com).

Televisi yang masuk editor’s choice lainnya adalah SunBrite TV Veranda Series SB-V-43-4KHDR-BL. Televisi yang dirilis oleh produsen asal Amerika Serikat ini memiliki lebar layar 43 inci. Televisi ini cocok untuk ditaruh di luar ruangan atau outdoor.

Lantas ada TCL 55R617 yang diproduksi oleh perusahaan China. Televisi ini juga masuk dalam editor’s choice dan memiliki lebar layar 55 inci.

Selain itu, ada empat produk lainnya yang dianggap TV LED terbaik 2019 versi pcmag.com yaitu Hisense 65H8F, Sony Master Series XBR-65Z9F, TCL 55S245, dan Vizio P65-F1.

Tips Memilih Televisi LED

Bagi kamu yang ingin membeli televisi LED, ada sejumlah tips yang bisa diterapkan. Situs Tomsguide.com memberikan tips singkat.

Pertama, jangan membeli televisi dengan resolusi di bawah 4K. Kedua, jangan membeli televisi dengan refresh rate kurang dari 120 Hz.

Ketiga, mencari televisi dengan HDR-compatible set yang bisa menawarkan gambar yang lebih realistis dan kontras lebih bagus. Keempat, televisi OLED memang lebih baik dari televisi LED atau LCD, namun harganya memang lebih mahal.

Kelima, jangan terlalu percaya dengan spesifikasi kontras rasio, percaya saja dengan penglihatan manusia. Keenam, usahakan mencari televisi dengan empat port atau sambungan HDMI.

Ketujuh, semua televisi saat ini tergolong televisi pintar dan punya akses mudah untuk segala jenis aplikasi. Kedelapan, rencanakan untuk membeli sound system lantaran speaker televisi saat ini semakin tipis dan kurang bagus seiring menipisnya layar televisi.

Bagikan: 4327 kali