Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Fondasi rumah sangat penting sebelum membangunnya. Nah, jika kamu menginginkan rumah yang tahan gempa, pakailah rusuk segitiga saat membangun fondasi.

Rusuk berbentuk segitiga mengadopsi dari konstruksi sarang laba-laba. Meskipun termasuk fondasi dangkal, namun rusuk segitiga sangat kaku atau rigid sehingga kuat menahan gempa.

Hal tersebut disampaikan oleh ahli di bidang struktur, Profesor Herman Wahyudi, dalam paparan ilmiah di Universitas Padang, seperti dikutip dari Antara, Senin (14/3). Menurutnya, keberhasilan bangunan antigempa terletak pada fondasinya.

Baca juga: 6 Kesalahan Saat Mendekorasi Ruang Minim

’’Untuk bangunan bertingkat tiga sampai lima, harus menggunakan fondasi yang dilengkapi dengan sejumlah rusuk. Dalam bidang teknik sipil, rusuk berbentuk segitiga dikenal stabil meskipun menerima tekanan baik itu gempa atau beban berat,’’ kata Herman.

Hal itulah yang ternyata membuat banyak bangunan di Aceh dan Padang tetap kokoh berdiri sampai sekarang ini, meskipun kedua daerah tersebut beberapa kali terkena gempa besar.

Baca juga: Rumah yang Tepat bagi Penderita Alergi dan Asma

Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu berharap kalangan Universitas Negeri Padang dapat terus meneliti dan mempelajari kekuatan konstruksi sarang laba-laba terhadap gempa.

Saat ini, di komplek Universitas Negeri Padang terdapat sembilan bangunan bertingkat tiga dan empat yang menggunakan konstruksi laba-laba.

Bagikan: 2804 kali