OK

Ini Dia Modus Baru Mafia Tanah: Maladminstrasi Peralihan SHM | Pemilik Properti Wajib Tahu Nih

27/04/2022 by Adhitya Putra

mafia tanah

Waspada dengan modus mafia tanah yang selalu muncul dengan cara baru. Kali ini, mereka melakukan maladministrasi peralihan SHM. Yuk, cari tahu seperti apa.

Ulah mafia tanah kembali membuat resah masyarakat. Beberapa waktu lalu, skandal yang melibatkan pejabat pertanahan DKI Jakarta, terbongkar

Oknum pejabat mafia tanah 2021 ini tersangkut atas penerbitan 38 SHGB PT Salve Veritate di Cakung Barat, Jakarta Timur, atas nama Abdul Halim.

Menukil Detik.com, sebagai langkah pemberantasan modus mafia tanah, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil langsung memecat oknum pejabat di Jakarta Timur.

Lantas, Bagaimana Modus Mafia Tanah Bekerja?

Untuk kasus mafia tanah di Jakarta Timur, mereka menggunakan modus sengaja melakukan maladministrasi dalam peralihan sertifikat hak milik (SHM).

Dinukil dari laman Hukumonline.com, maladministrasi diartikan sebagai perbuatan melawan hukum.

Tindakan tersebut melampaui wewenang, menggunakan wewenang untuk tujuan lain dari yang menjadi tujuan wewenang tersebut.

Dari hasil pemeriksaan ditemukan bahwa, dalam penerbitan 38 SHGB PT Salve Viratate tidak sesuai dengan prosedur.

Lantas, Menteri ATR/Kepala BPN  menerbitkan SK Menteri untuk membatalkan Sertifikat Hak Milik (SHM) seluas 7,78 hektar atas nama Abdul Halim.

Sofyan juga memerintahkan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta untuk mencabut SHM itu karena ulah modus mafia tanah yang cacat administrasi itu.

Deretan Modus Mafia Tanah di Indonesia

Sebelumnya, ulah sindikat mafia tanah juga melibatkan notaris palsu pada 2019 lalu, sehingga menyebabkan kerugian hingga mencapai ratusan miliar.

Ada pula kasus yang menimpa ibu Dino Patti Djalal yang ditipu mafia tanah, sehingga kepemilikan rumah mewah berpindah tangan.

Kemudian, polisi juga telah menangkap dua orang terkait mafia tanah di Alam Sutera, Tangerang, Banten.

Modus baru mafia tanah ini mengajukan gugatan perdata atas lahan milik orang lain.

Nah, itulah modus mafia tanah yang kamu harus waspadai, agar tidak menjadi korbannya.

Baca juga informasi seputar gaya hidup, kabar properti dan inspirasi desain, hanya di artikel.rumah123.com.

Bila kamu ingin cari rumah impian, yuk temukan beragam rekomendasi terbaiknya di Rumah123.com, karena kami #AdaBuatKamu.

Pilihan yang tepat untuk memiliki rumah tapak di kawasan Sentul, Bogor adalah Samira Residence Sentul.


Tag: ,


Adhitya Putra

Adhitya Putra

Penulis Rumah123.com yang sedang menekuni peran sebagai Jurnalis di bidang properti. Merasa antusias dengan penulisan SEO dan fotografi bergenre hitam putih.