OK

Ini Dia Jalan Tol Termahal di Dunia dengan Tarif Rp1,6 Juta! Lebih Mahal Mana dengan Tol Trans Jawa?

19/04/2022 by Adhitya Putra

jalan tol termahal di dunia-kementerian pupr

(Sumber: Kementerian PUPR)

Ada sejumlah jalan tol termahal di dunia dengan tarif selangit yang bikin menguras isi dompet. Kira-kira, jalan Tol Trans Jawa termasuk gak ya?

Kehadiran infrastruktur jalan bebas hambatan dibuat untuk memangkas jarak dan mempersingkat waktu perjalanan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Biasanya, pengelola jalan tol akan menetapkan tarif yang bervariasi untuk pengguna, tergantung jarak tempuh dan jenis kendaraannya.

Sejumlah ruas tol yang termasuk ke dalam tarif tol termahal di Indonesia, tarifnya bisa lebih mahal dari biaya bensin selama perjalanan.

Mungkin kamu tahu tarif tol termahal di Indonesia dipegang oleh Tol Pulo Gebang-Kelapa Gading, dengan biaya Rp2.167 per km.

Tapi tahukah kamu, jalan tol termahal di dunia ada di mana? Simak ulasannya di bawah ini.

Membandingkan Jalan Tol Termahal di Dunia

jalan-tol-termahal-di-dunia-jalan-tol-Pennsylvania-Turnpike

(Foto: istock)

Di negara-negara dengan banyak infrastruktur jalan bebas hambatan, umumnya tarif yang harus dibayarkan relatif cukup kecil.

Akan tetapi, di negara-negara yang hanya memiliki beberapa jalan tol, biayanya jauh lebih tinggi.

Melansir laman Kompas.com, yang mengutip riset Budget Direct, ternyata jalan tol termahal di dunia ada di Amerika Serikat.

Untuk melintasi jalan tol Pennsylvania Turnpike, para penggunanya diharuskan membayar USD112,90 atau setara dengan Rp1,6 juta.

Jalan tol tersebut membentang sejauh 580 km, dari timur ke barat dan menghubungkan wilayah Pittsburg, Harrisburg dan Philadelphia.

Bila dibandingkan dengan tarif tol Trans Jawa atau Trans Sumatra, angka tersebut jauh lebih mahal, cek saja tarif tol termahal di Indonesia.

Berdasarkan informasi di akun Instagram Jasa Marga, untuk tarif tol Jakarta-Solo/Jogja (via GT Colomadu) sebesar Rp453.500.

Selain Pennsylvania Turnpike, tol termahal kedua berada di Grosslockner High Alpine Road di Austria dengan tarif sebesar 59,40 Dolar AS atau setara dengan Rp 853.193.

Nah, itulah jalan tol termahal di dunia, yang bertarif lebih mahal apabila dibandingkan tol Trans Jawa.

Baca juga ulasan fakta menarik seputar tol terpendek di Indonesia, hanya di artikel.rumah123.com.

Bila kamu ingin cari rumah impian, yuk temukan beragam rekomendasi terbaiknya di Rumah123.com, karena kami #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Adhitya Putra

Adhitya Putra

Penulis Rumah123.com yang sedang menekuni peran sebagai Jurnalis di bidang properti. Merasa antusias dengan penulisan SEO dan fotografi bergenre hitam putih.