Kantor yang Didesain oleh GRT Architects (Rumah123/Dezeen)

Biasanya yang ada dalam benak orang perihal kantor adalah sebuah ruangan besar dengan kubikal tempat orang bekerja. Setiap orang memiliki meja kerja masing-masing.

Konsep kantor seperti ini sudah mulai berubah lho. Banyak yang mendesain kantor tidak lagi seperti kantor, melainkan bisa seperti rumah, tempat bermain, dan lainnya.

Baca juga: Kantor Kekinian dari Kontainer, Belum Banyak yang Bikin Kan?

Salah satunya kantor Objective Subject, sebuah korporasi yang memiliki bisnis inti digital dan desain UX. Kantor ini berada di New York, Amerika Serikat.

Biro arsitek GRT Architects mendesain ulang kantor ini. Kebetulan kantor berada di sebuah bangunan tua yang dibangun pada abad ke-19.

Baca juga: Benci Desain Kantor Baru, Sejumlah Karyawan Apple Pengen Berhenti Kerja!

GRT Architects mendesain bangunan menjadi lebih terasa seperti rumah dibandingkan kantor. Warna-warna merah muda, biru, dan abu-abu diaplikasikan pada dinding.

Malah dalam sebuah ruangan, biro arsitek mendesain ruangan seperti perpustakaan dan ruang baca. Ada lemari buku, tempat duduk, sofa, dan meja.

Baca juga: Aksesoris Kantor yang Kontemporer, Di Kantor Kamu Sudah Ada Belum?

Ruangan ini juga dapat difungsikan sebagai ruangan istirahat saat siang atau ruang pertemuan. Karyawan bisa menggunakan untuk rapat atau bersantai.

Hasilnya memang unik. Kantor perusahaan berbasis teknologi dan digital ini malah terlihat seperti rumah tinggal dibandingkan kantor.

Baca juga: Ga Usah Bingung Kalau Mau Bikin Kantor Mungil yang Kekinian dan Fungsional

“Ketika kami mengadaptasi bangunan dari abad 19 menjadi bangunan dengan fungsi baru, kami sering kali tidak memindahkan dinding untuk mengakomodasi kebutuhan baru,” ujar GRT Architects seperti dilansir oleh laman arsitektur dan desain Dezeen.

“Dalam kasus bangunan ini, kami menemukan kalau memberikan sentuhan radikal untuk membedakan ruang yang ada dan membuat adanya pemisahaan ruang, membuat kebutuhan klien untuk ruang kerja yang lebih bersahabat menjadikannya lebih seperti rumah ketimbang kantor,” lanjut GRT Architects.

Baca juga: Desain Kantor Warna Warni? Wah, Jadi Semangat Kerja Nih

Unik juga ya kalau punya kantor namun berdesain rumah. Kalau di Indonesia, memang banyak sih rumah menjadi kantor, namun desainnya tetap terasa kantor dan bukan rumah.

Kalau kantor berdesain rumah seperti ini, bisa jadi para karyawan betah untuk bekerja. Buat kamu yang sedang mencari desain kantor di rumah, mungkin desain ini bisa menjadi referensi.

Bagikan: 834 kali