Ilustrasi Apartemen Sempit di Hong Kong (Rumah123/South China Morning Post)

Hal lazim bagi perusahaan pengembang melakukan down size ukuran hunian. Apalagi kalau harganya semakin tidak terjangkau oleh fist-time home buyer.

Dulu, ukuran apartemen di Indonesia masih cukup luas, masih mencapai 50-60 meter persegi. Saat ini, ukurannya semakin menciut. Ya, berapa ukuran apartemen studio? Hanya 18 meter persegi.

Baca juga: Di Hong Kong Ada Apartemen Peti Mati, yang Ini “Kotak Sepatu”

Hmm, bayangkan kalau yang terjadi di Hong Kong. Kota di China yang dikenal karena harga hunian yang selangit ini, ukuran apartemen benar-benar makin mengecil.

Hong Kong terkenal karena apartemen peti mati. Ya, penghuni hanya bisa memiliki ruang untuk bergerak benar-benar terbatas. Bahkan area untuk tidur mirip peti mati.

Baca juga: Yang Bilang Apartemen Tipe Studio Sempit itu Gak Gaul!

Perusahaan pengembang di Hong Kong semakin menciutkan ukuran apartemen karena first-time home buyer memiliki dana terbatas. Belum lagi, kenaikan harga properti di kota ini memang gila-gilaan.

Developer memang sudah mengembangkan mikro apartemen yang berukuran kurang dari 18,6 meter persegi. Apartemen mikro ini menjadi favorit perusahaan pengembang.

Baca juga: Mau Tahu Cara Menyiasati Apartemen Sempit? Hmm, Ini Dia Nih

Di kawasan Sham Shui Po, Kowloon City, dan Tin Shu Wai, ada 15% dari 3.300 unit apartemen dalam enam proyek yang akan memiliki ukuran kurang dari 18,6 meter persegi.

Perusahaan pengembang Wing Kwok Enterprises yang dimiliki oleh pengusaha lokal akan membangun proyek di Sham Shui Po. Kawasan ini dipadati kelas pekerja.

Baca juga: “Galeri Seni” dalam Sebuah Apartemen Sempit, Bisa Juga Kok!

Developer berencana membangun apartemen 27 lantai. Mau tahu berapa luas unit terkecil? Hanya 11 meter persegi saja!

Luasnya ini bahkan lebih kecil dari kontainer kapal berukuran 20 kaki atau rata-rata lahan parkir di Amerika Serikat. Kalau di Indonesia sih, luasnya mirip kamar kos minus kamar mandi ya.

Baca juga: Ngapain Punya Perpustakaan Kalau Tinggal di Apartemen Sempit

“Dengan ukuran itu, unit apartemen hanya memiliki fitur seperti dapur terbuka dan kamar mandi, biasanya luasnya hanya 10% dari keseluruhan,” ujar Managing Director Centaline Surveyors, Victor Lain Kin Fai seperti dikutip oleh South China Morning Post.

Tren apartemen mikro ini mulai terjadi di banyak negara. Bagaimana di Indonesia yang memilik lahan luas? Hmm, rumah tapak juga mulai mengecil kan?

Baca juga: Keluarga 5 Anak Happy Banget Tinggal di Apartemen Sempit

Berapa luas rata-rata rumah tapak yang dipasarkan oleh perusahaan pengembang? 60-72 meter persegi kan? Padahal dulu, rumah tapak masih memiliki luas antara 150-200 meter persegi kan?

Nah, sekarang kamu masih menunda beli apartemen atau rumah? Kamu mau menunda sampai kapan? Sampai apartemen luasnya di bawah 10 meter persegi atau rumah luasnya hanya 40 meter persegi?

Bagikan: 437 kali