Beberapa tempat wisata di Indonesia sudah menyediakan fasilitas ramah disabilitas - Rumah123.com Beberapa tempat wisata di Indonesia sudah menyediakan fasilitas ramah disabilitas - Rumah123.com

Setiap tahunnya, tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional. Hari ini sudah sepatutnya menjadi momentum bentuk peringatan dan kesadaran masyarakat untuk mewujudkan kesetaraan hak penyandang disabilitas. Begitu juga dengan penyandang disabilitas di Indonesia. 

Bicara soal kawan-kawan disabilitas, saat ini di Indonesia sudah banyak fasilitas yang diperuntukan bagi para disabilitas, khususnya di fasilitas umum. Mulai dari trotoar, stasiun, halte bus, bandara dan lainnya kini sudah banyak terdapat fasilitas bagi disabilitas. Bagaimana dengan fasilitas wisatanya?

Walaupun belum sebanyak fasilitas umum, banyak pengelola tempat wisata yang sudah mulai menyediakan fasilitas bagi penyandang disabilitas. Ini dia 4 rekomendasi wisata ramah disabilitas di Indonesia yang bisa dikunjungi!

M Bloc Space, Jakarta Selatan

Gaya bangunan art deco pada salah satu gerai yang berada di Kawasan M Bloc, Melawai, Jakarta Selatan.

Tempat kekinian satu ini belakangan sangat ramai wara-wiri di media sosial. Wajar saja, gedung yang baru beroperasi sejak September 2019 lalu memang unik, bersejarah, dan tentunya instagrammable. Dulunya, gedung ini pernah digunakan sebagai tempat Percetakan Uang Republik Indonesia atau Peruri. Setelah ditutup puluhan tahun, gedung  yang terletak di Jl. Panglima Polim No. 37 A-H Melawai Kebayoran Baru Jakarta Selatan ini kembali hidup dengan nama M Bloc Space.

Di dalam M Bloc Space, terdapat kafe kekinian, amphi teater, toilet untuk disabilitas, musala, ramp kursi roda, dan spot foto. Tempat  yang digagas oleh PT Ruang Milenial ini memang memiliki komitmen mewujudkan ruang publik ramah disabilitas dengan menyediakan ruang kreatif.

Monumen Nasional, Jakarta Pusat

Monas, tempat wisata yang sangat identik dengan Kota Jakarta ini ternyata juga ramah disabilitas - Rumah123.com Monas, tempat wisata yang sangat identik dengan Kota Jakarta ini ternyata juga ramah disabilitas - Rumah123.com/Getty Images

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Monumen Nasional alias Monas. Berkunjung ke Ruang Kemerdekaan untuk mendengarkan suara Presiden RI pertama Soekarno membacakan teks proklamasi, berkunjung ke Museum Monas untuk melihat diorama Indonesia dari zaman prasejarah hingga orde baru, hingga naik ke pelataran puncak Monas. 

Tempat wisata yang sangat identik dengan Kota Jakarta ini ternyata juga ramah disabilitas. Di dekat pintu masuk utama Monas dekat Patung Arjuna Wijaya, terdapat kursi roda dengan keadaan yang baik. Di dalam tugu Monas juga terdapat lift khusus pengguna kursi roda lainnya untuk menjangkau lantai paling atas. Kamu bisa minta tolong kepada petugas untuk mengantarkan penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

Fairy Garden, Bandung, Jawa Barat

Walaupun dikonsep untuk anak-anak, Fairy Garden juga menyenangkan dikunjungi oleh orang dewasa, bahkan juga penyandang disabilitas - Rumah123.com Walaupun dikonsep untuk anak-anak, Fairy Garden juga menyenangkan dikunjungi oleh orang dewasa, bahkan juga penyandang disabilitas - Rumah123.com/Getty Images

Fairy Garden merupakan wisata edukasi untuk anak-anak. Objek wisata yang terletak di depan The Lodge Maribaya di Desa Cibodas, Kabupaten Bandung Barat berada di lahan seluas dua hektar. Di dalamnya terdapat banyak bangunan kastil dan taman yang dibedakan sesuai tema.

Antara lain Peri Bunga, Peri Masak, Peri Air dan Peri Hutan. Di sini, anak-anak dan pengunjung tidak hanya dapat kenyang berfoto. Melainkan mendapatkan edukasi mengenai beberapa hal. Seperti bagaimana menanam kaktus, menggambar dan mewarnai serta pertunjukan dari teater boneka yang menggemaskan.

Walaupun dikonsep untuk anak-anak, Fairy Garden juga menyenangkan dikunjungi oleh orang dewasa, bahkan juga penyandang disabilitas. Terdapat toilet ramah disabilitas, ramp kursi roda, hingga gate khusus para penyandang disabilitas. 

Museum Benteng Vredeburg, Jogjakarta

Museum Benteng Vredeburg dilengkapi kursi roda dan akses bagi penyandang disabilitas - Rumah123.com Museum Benteng Vredeburg dilengkapi kursi roda dan akses bagi penyandang disabilitas - Rumah123.com/Getty Images

Museum Benteng Vredeburg adalah sebuah benteng yang terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta. Sekarang, benteng ini menjadi sebuah museum. Terdapat ratusan diorama yang menempel di dinding yang menceritakan sejarah Indonesia sejak sebelum kemerdekaan hingga masa orde baru. Menariknya, Museum Benteng Vredeburg dilengkapi kursi roda dan akses bagi penyandang disabilitas. 

Bagikan:
1549 kali