Rumah tusuk sate, kerap dihindari banyak orang yang hendak membeli rumah.

rumah tusuk sate - rumah123.com

Sebab, menurut mitos yang beredar, rumah dengan posisi tusuk sate akan membawa banyak kesialan. Mulai dari tertimpa masalah kesehatan, rezeki, hingga perpecahan rumah tangga. Akibat mitos ini, nggak jarang rumah dengan posisi tusuk sate dijual dengan harga yang lebih rendah dibandingkan rumah lain di sekitarnya.

Nah, sebenarnya, apa saja sih mitos yang beredar di tengah masyarakat mengenai rumah tusuk sate ini? Apakah mitos tersebut masuk akal jika dijelaskan secara ilmiah? Rumah123 akan menjelaskan selengkapnya dalam artikel ini. Yuk, disimak!

Penghuni rumah tusuk sate lebih sering bertengkar

rumah tusuk sate - rumah123.com

Mitos:

Menurut mitos, rumah berlokasi tusuk sate bisa menyebabkan keluarga kurang harmonis. Sebab, banyak pertengkaran yang akan terjadi akibat hawa panas yang terus-terusan muncul.

Penjelasan ilmiah:

Hawa panas yang sering muncul disebabkan karena lokasi rumah yang berhadapan tepat dengan persimpangan jalan. Sehingga, cahaya matahari lebih mudah masuk tanpa adanya penghalang. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari University of California menyebutkan bahwa cuaca panas bisa membuat orang lebih mudah emosi dan marah. Jadi, mitos tersebut memang masuk akal.

Cara mengatasinya:

Tambahkan kanopi agar cahaya matahari tak langsung mengenai dinding. Kamu juga bisa menggunakan tirai dengan bahan adem.

Baca juga: 5 Dekorasi Ruangan Ini Mitosnya Membawa Nasib Buruk, Sebaiknya Dipercaya Gak?

Penghuni rumah menjadi lebih gampang sakit

rumah tusuk sate - rumah123.com

Mitos:

Banyak ahli feng shui yang mengatakan bahwa aliran chi pada rumah tusuk sate sangatlah kuat. Aliran tersebut memiliki pengaruh buruk yang membuat penghuni rumah menjadi lebih mudah sakit.

Penjelasan ilmiah:

Lokasi rumah yang berhadapan langsung dengan jalan tegak lurus membuat rumah tersebut memiliki aliran angin yang sangat kuat, sehingga debu dan kotoran menjadi lebih cepat masuk.

Cara mengatasinya:

Jangan tempatkan pintu dan jendela dalam posisi menghadap jalan, melainkan di samping. Sirkulasi udara yang berasal dari samping akan membuat debu dan kotoran nggak langsung masuk ke dalam rumah.

Baca juga: 9 Warna Interior Rumah Ini Lagi Populer Banget!

Rawan tertimpa kecelakaan

rumah tusuk sate - rumah123.com

Mitos:

Rumah dengan posisi tusuk sate lebih banyak membawa sial karena membuat penghuninya rawan tertimpa kecelakaan.

Penjelasan ilmiah:

Lantaran terletak tepat di hadapan jalan, terdapat risiko kendaraan menabrak rumah. Seperti dilansir pengguna Mohammad Rasyid Ridha, pengguna Kompasiana, yang mengalami insiden di rumah tusuk sate miliknya. Tetangganya sedang memanaskan mobil dan lupa memasang rem tangan sehingga mundur dan menabrak tiang rumah miliknya.

Cara mengatasinya:

Kamu bisa mengakalinya dengan membuat taman atau kolam di depan rumah. Dengan begitu ketika terjadi kecelakaan seperti cerita di atas, setidaknya mobil tak mengenai rumah.

Seret rezeki

rumah tusuk sate - rumah123.com

Mitos:

Penghuni rumah dengan posisi tusuk sate akan mendapatkan sial seperti kesulitan mendapatkan rezeki.

Penjelasan ilmiah:

Jika dilihat dari mitos sebelumnya, memang risiko yang terdapat dari rumah ini lebih besar ketimbang rumah pada umumnya. Akibat hal tersebut, ada dana tambahan yang harus dikeluarkan.

Cara mengatasinya:

Rumah tusuk sate biasanya memiliki harga yang lebih rendah. Bisa dibilang, kamu untung untuk hal ini. Tapi pastikan juga kamu telah memperhitungkan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurangi risiko yang bisa didapatkan. Pilih juga rumah dengan kondisi lingkungan yang baik.

Bagikan: 20090 kali