Tempat cuci piring merupakan salah satu alat rumah tangga yang paling sering digunakan.

Tempat cuci piring merupakan salah satu alat rumah tangga yang paling sering digunakan - Rumah123.com Tempat cuci piring merupakan salah satu alat rumah tangga yang paling sering digunakan (Rumah123.com - Getty Images)

Mulai dari mencuci piring atau alat masak yang kotor, hingga mencuci bahan masakan, gak heran kalau kamu harus memberi perawatan ekstra pada alat rumah tangga satu ini. Wastafel cuci piring harus sering-sering dibersihkan, agar sisa makanan dan kotoran tak menempel dan menyebabkan mampet. 

Tapi bagaimana jika tempat cuci piring di rumahmu keburu mampet? Haruskah kamu membongkar saluran air yang tersumbat? Jangan khawatir! Rumah123.com akan memberikan solusinya untukmu di artikel ini!

1. Bongkar bagian saringan wastafel

Apabila bagian yang tersumbat adalah wastafel, maka kamu cukup membongkar bagian saringannya saja, lalu bersihkan. Sebab, kemungkinan ada banyak sisa makanan di sana. 

2. Gunakan air panas (untuk tempat cuci piring berbahan alumunium)

Khusus tempat cuci piring berbahan aluminium, kamu bisa gunakan air panas yang mampu meluruhkan kotoran-kotoran yang terdapat di dalamnya.  Didihkan air sebanyak satu panci, dan tuangkan ke wastafel yang tersumbat. Lakukan berkali-kali hingga wastafel tak mampet lagi.

3. Gunakan baking soda dan cuka

Manfaatkan baking soda dan cuka untuk mengatasi masalah satu ini. Masukkan satu cangkir baking soda ke dalam lubang saluran pencuci piring yang tersumbat. Setelah itu, masukkan setengah cangkir cuka ke dalamnya. Kombinasi keduanya mampu menimbulkan reaksi asam yang membuat kotoran dan sisa makanan melunak, sehingga lebih mudah dibersihkan. 

4. Manfaatkan tongkat penyedot (plunger)

Tongkat penyedot alias plunger berfungsi untuk menarik kotoran di lubang pembuangan. Untuk itu, alat satu ini juga bisa digunakan untuk membersihkan wastafel cuci piring. Cara menggunakan alat ini sangat mudah. Kamu cukup mengambil plunger, dan meletakkannya di ujung saluran pembuangan air di tempat cuci piring. Lalu, tatik plunger kuat-kuat hingga 10 kali supaya sisa kotoran yang menempel benar-benar terlepas. Apabila sudah terlepas sempurna, kamu tinggal membersihkannya dengan disinfektan.

Sebelum memperbaiki, yuk cegah tempat cuci piring tersumbat dengan cara ini!

 Bukan cuma masalah rutin tidaknya dibersihkan, kamu bisa melakukan tindakan preventif saat pertama kali memasang penyaring kotoran. Pilihlah kitchen sink yang memiliki ukuran lebih panjang dan besar, serta berpori kecil dan rapat.

Bagikan: 1197 kali