hdii

Tertarik untuk bergabung dengan Himpunan Desainer Interior Indonesia atau HDII? Yuk, cari tahu bagaimana caranya dan apa saja syaratnya.

Seiring berkembangnya dunia arsitektur dan desain interior, banyak pula bermunculan para arsitek dan desainer interior muda yang cukup kompeten di bidang tersebut.

Desain sendiri terdiri atas desain interior dan eksterior. Desain interior merupakan perancangan bagian dalam pada suatu bangunan dengan mempertimbangkan banyak hal.

Sedangkan untuk desain eksterior, merupakan tampilan bagian luar bangunan dengan mengedepankan estetika bangunan yang dapat menarik perhatian orang.

Nah, bagi para desainer interior tentu sudah mengenal Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), asosiasi profesi untuk desainer interior.

Tetapi bagi kamu yang belum kenal dekat, yuk, simak ulasan berikut. Siapa tahu kamu ingin bergabung dengan HDII.

Apa Itu HDII dan Awal Mula Terbentuknya?

HDII atau Himpunan Desainer Interior Indonesia (Indonesian Society of Interior Designer), adalah asosiasi profesi desainer interior di Indonesia.

Asosiasi ini dibentuk untuk mempertemukan para desainer interior dari berbagai daerah di tanah air, yang diprakarsai oleh Hoemar Tjokrodiatmo, Fred Haradiran dan Maya Soeharnoko.

HDII terbentuk pada pertengahan tahun 1982, dari hasil deklarasi Himpunan Desainer Interior Indonesia pada tanggal 17 Januari 1983 dan diperkuat Akta Notaris pada 13 Maret 1983.

Pada usianya yang kedua, HDII, diterima sebagai anggota penuh IFI (International Federation of Interior Architects/Interior Designers) tahun 1985 di Amsterdam, Belanda.

Kongres Nasional pertama yang bertempat di Ruang Serba Guna Erasmus Hius, Jakarta, dengan Ketua Umum pertama Solichin Gunawan.

Sedangkan, pengurus lainnya saat itu antara lain, Naning Adiwoso sebagai Sekretaris jenderal yang dibantu oleh Dewan Ketua Fred Haradiran dan Abendanoe Muljono.

Semakin berkembang, HDII kini tersebar di kota-kota besar Indonesia, dengan tujuan para desainer interior dari berbagai daerah di Indonesia bisa meningkatkan apresiasi profesi bersama.

Mengapa Harus Bergabung dengan HDII?

Seperti dilansir dari berbagai sumber, asosiasi ini sebagai kumpulan para desainer interior yang memiliki kepedulian tinggi terhadap dunia arsitektur interior, dapat membawa perkembangan yang signifikan.

Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan keahlian dan tanggung jawab para profesional di bidang desain interior.

Pasalnya, asosiasi ini telah menjalin kemitraan dengan berbagai instansi pemerintah, seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

HDII pun menjalin kerjasama dengan Dinas Perindustrian, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), dan Kementerian Perdaganagan.

Beberapa program bidang government relationship yang telah dilakukan HDII antara lain:

1. Masuk ke program Rusunawa

2. Mendukung bidang keprofesian

3. Turut berperan aktif dalam program yang dicanangkan oleh pemerintah

Jadi, keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika bergabung dengan HDII, para desainer interior mengenal standarisasi pekerjaan dan mendapat perlindungan terhadap karya desain yang telah ditorehkan.

Tidak hanya itu anggota pun dapat menambah hubungan baik dengan komunitas professional HDII nasional dan internasional.

Kriteria Anggota Himpunan Desainer Interior Indonesia

Anggota Biasa

1. Berijasah S1 desain interior dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang desain interior

2. Berijasah D3 desainer interior dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang desain interior

3. Berijasah S1 Arsitektur dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang desain interior

Anggota Muda

Berijasah S1 desain interior/arsitektur dan D3 desain interior yang belum berpengalaman sesuai ketentuan.

Anggota Afiliasi

Perorangan yang bergerak di bidang keahlian yang menunjang profesi desainer interior.

Anggota Mahasiswa

Mahasisiswa Desain Interior minimal duduk di semester IV.

Kamu hanya perlu mengunduh persyaratan menjadi anggota HDII selengkapnya pada tautan ini.

Sedangkan untuk mengunduh Form Anggota Baru, kamu bisa menggunakan link berikut.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Parayasa.

Bagikan:
281 kali