rumah tanpa dp Program kredit rumah tanpa DP (down payment) memang menawarkan banyak keunggulan. Salah satunya meringankan beban biaya beli rumah di awal. Meski begitu, tetap saja program rumah ini juga memiliki berbagai kelemahan yang harus kamu pertimbangkan. Untuk itu, pastikan kamu menyimak kelebihan dan kekurangan membeli rumah tanpa DP sebelum membelinya.

Kelebihan Rumah Tanpa DP

Akses Lebih Mudah dalam Memiliki Rumah

Kebijakan tanpa DP tentu akan memudahkan masyarakat menengah ke bawah yang kerap sulit membayar DP untuk membeli hunian. Program ini akan mampu menjangkau banyak masyarakat dalam memiliki hunian dengan KPR. Hal tersebut jelas akan meningkatkan daya beli masyarakat. Dengan begitu, mereka yang ingin membeli rumah hanya perlu memikirkan biaya cicilan setiap bulannya.

Bisa Kredit Semua Tipe Rumah

Kamu juga bisa menggunakan program ini untuk mencicil semua tipe rumah lho.  Namun, hal ini biasanya berlaku hanya untuk kredit properti pertama. Sementara untuk kredit properti kedua dan seterusnya tetap diberlakukan aturan pembayaran uang muka, kecuali rumah dengan luas di bawah 21 meter persegi. Pasalnya properti kedua dianggap sebagai bentuk investasi.

Kekurangan Rumah Tanpa DP

Cicilan Lebih Tinggi

Program rumah tanpa DP memang terkesan mudah di awal, tetapi rumah secara utuh akan menjadi hutang. Hutang yang besar juga akan membuat cicilan setiap bulannya menjadi panjang dan lebih berat. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan kesanggupanmu dalam pembayaran cicilan. Hal ini bisa saja menjadi beban yang panjang di masa depan.

Kenaikan Tingkat Bunga KPR yang Tinggi 

Tak hanya kesanggupan, kamu juga harus mempertimbangkan kenaikan tingkat bunga KPR. Biasanya, program kredit rumah dari bank menetapkan fixed rate (bunga tetap) hanya di tahun pertama. Selanjutnya, kreditur dikenakan floating rate (bunga mengambang) di tahun kedua dan seterusnya. Hal ini berpotensi membuat beban cicilan semakin berat sehingga kamu harus mempertimbangkannya dengan matang.  Baca Juga: Ini Cara Kredit Rumah dengan BPJS beserta Syaratnya

Tips Mengajukan Kredit Rumah Tanpa DP 

Bank Indonesia (Bank Indonesia) sudah memberi kelonggaran aturan kepada lembaga perbankan.  Hal ini membuat program kredit rumah tanpa DP dapat diwujudkan. Untuk itu, tanggung jawab terhadap kredit pun diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing bank. Hal tersebut tentu akan membuat risiko bank semakin besar sehingga lebih selektif dalam memproses pengajuan KPR tanpa DP. Agar pengajuanmu diterima, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

Hindari Kredit Macet 

Pastikan kamu tak memiliki kredit macet kepada pihak bank atau lembaga keuangan lainnya. Jika kamu memilikinya, itu akan menyulitkan pengajuan kreditmu diterima, termasuk kredit rumah tanpa DP. Pengecekan kredit biasanya dilakukan melalui proses BI checking, di mana semua riwayat kredit seorang nasabah diketahui. Riwayat kredit nasabah sendiri tercatat dalam Sistem Informasi Debitur (SID).

Buat Perhitungan yang Matang

Jangan terburu-buru dalam memutuskan untuk mengikuti program rumah tanpa DP ini. Pastikan kamu telah membuat perhitungan yang matang karena program ini membutuhkan tanggung jawab hingga puluhan tahun mendatang. Pastikan kamu telah menghitung kalkulasi rasio cicilan dan penghasilan bulananmu. Jumlah cicilan yang harus dibayarkan sebaiknya tidak lebih dari 30 persen dari total penghasilan.

Ajukan KPR ke Beberapa Bank  

Untuk mengantisipasi ditolaknya pengajuan kredit KPR, kamu bisa mengajukan KPR ke beberapa bank sekaligus. Saat proses pengajuan, pastikan kamu telah melengkapi syarat dan dokumen yang dibutuhkan. Sebaiknya ajukan kredit pada minggu ketiga dan keempat dalam satu bulan.  Hal ini karena lembaga perbankan biasanya sedang mengejar target penyaluran kredit kepada nasabah.

Cari Developer yang Menawarkan Diskon

Sebelum mengajukan kredit rumah tanpa DP melalui KPR, sebaiknya kamu melakukan survei untuk mencari developer  yang menawarkan diskon dan harga rumah terjangkau.  Pilihlah hunian yang sesuai dengan bujetmu agar beban cicilan semakin ringan. Hal-hal di atas bisa kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit rumah tanpa DP. Baca Juga: Perhitungan Simulasi Pembiayaan Kredit Rumah dengan Kalkulator KPR Jangan lupa kunjungi artikel.rumah123.com untuk dapatkan artikel menarik lainnya seputar properti.  Kamu juga bisa mencari properti yang sesuai kebutuhanmu seperti Urban Heights Residences hanya di www.rumah123.com.  
Bagikan:
1693 kali