Pengelola MRT Jakarta Memberikan Diskon Tarif Sebesar 50 Persen Kepada Penumpang Selama April 2019. Hal Ini Dilakukan Lantaran Baru 8 dari 16 Rangkaian yang Baru Beroperasi Penuh (Foto: Rumah123/Getty Images)

MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit) sudah beroperasi secara komersial pada Senin (01/04/2019). Namun, ternyata ada potongan harga tarif sebesar 50 persen selama April 2019. Yuk, naik MRT, lumayan ngirit sebulan.

Kompas.com mengutip pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang menyatakan ada pemberlakuan potongan harga sebesar 50 persen untuk penumpang MRT selama April 2019.

Hal ini disebabkan lantaran pengoperasian kereta belum lengkap. Kereta MRT yang baru beroperasi secara komersial adalah delapan rangkaian dengan selang waktu antara kereta (headway) selama 10 menit.

Baca juga: Naik MRT Bisa Pakai Kartu Uang Elektronik, Wah Jadi Gampang Dong

Seharusnya ada 16 rangkaian kereta yang beroperasi secara komersial. Diskon ini akan diberikan hingga seluruh rangkaian beroperasi secara komersial.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan tarif MRT. Penumpang yang memulai perjalanan dan tap out pada stasiun yang sama dikenakan tarif Rp3.000.

Kalau penumpang turun pada stasiun berikutnya dia harus membayar Rp4.000. Pemprov DKI menetapkan tarif Rp10.000/10 stasiun. Jadi jika penumpang turun pada dua stasiun berikutnya, dia dikenakan tarif Rp5.000 dan seterusnya.

Baca juga: Ingat Gaes, Ga Boleh Bawa Duren Saat Naik MRT

Sementara untuk tarif terjauh yaitu Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia dan sebaliknya ditetapkan Rp14.000. Ini merupakan tarif tertinggi.

Nah, buat kamu yang berkantor di kawasan Thamrin-Sudirman dan juga TB Simatupang, mulai deh untuk naik MRT. Lumayan kan kalau bisa irit ongkos transportasi selama sebulan.

Pemprov DKI juga sudah merencanakan integrasi serangkaian transportasi massal seperti MRT, LRT (Light Rapid Transit), KRL (Kereta Rel Listrik) commuter line, bus Transjakarta, dan kereta bandara.

Baca juga: Ingat, MRT Sudah Beroperasi Komersial, Kamu Sudah Tahu Tarifnya Kan

Salah satu area transit integrasi yang sedang dipersiapkan adalah Dukuh Atas. MRT, commuter line, Transjakarta, dan kereta bandara bisa terintegrasi dalam waktu dekat. Jika sudah terintegrasi, kamu bisa menghemat biaya pergi pulang ke kantor.

Dana yang bisa dihemat bisa ditabung untuk investasi yang dimulai dari tabungan uang muka atau down payment (DP). Mulai sekarang, biasakan untuk menghemat pengeluaran dengan naik transportasi massal, setelah itu yuk investasi properti.

Bagikan: 866 kali