Ilustrasi MRT. MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit) Jakarta Beroperasi Secara Komersial Pada Senin (01/04/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Sudah Menetapkan Tarif yang Terentang dari Rp3.000 Hingga Rp14.000. Tarif Terjauh Rp14.000 untuk Bundaran Hotel Indonesia-Lebak Bulus dan Sebaliknya (Foto: Rumah123/Getty Images)

MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit) beroperasi secara komersial pada Senin (01/04/2019). Kamu sudah tahu kan kalau tarifnya terentang dari Rp3.000 hingga Rp14.000.

Setelah menjalani uji coba penuh selama beberapa pekan, MRT akhirnya beroperasi secara komersial. Sebelumnya, penumpang hanya perlu mendaftar lewat laman resmi untuk naik MRT.

Presiden Joko Widodo sudah meresmikan MRT ini pada Ahad (24/03/2019) lalu. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan juga DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) sudah menetapkan tiket MRT.

Baca juga: MRT Bakal Punya Rute 231 Kilometer, Truz Ngapain Beli Mobil, Mendingan Beli Rumah

Kompas.com melansir tarif MRT untuk masuk dan keluar di stasiun yang sama adalah Rp3.000. Tarif untuk turun di setiap stasiun ditambahkan Rp1.000.

Jadi kalau penumpang naik dari stasiun Bundaran Hotel Indonesia dan turun pada satu stasiun berikutnya, dia dikenakan tarif Rp4.000. Sementara untuk tarif terjauh yaitu Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia dan juga sebaliknya, penumpang dikenakan tarif Rp14.000.

Penumpang bisa menggunakan kartu uang elektronik untuk membayar tiket. Pengelola MRT, PT MRT sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah bank.

Baca juga: Ingat Gaes, Ga Boleh Bawa Duren Saat Naik MRT

Kartu uang elektronik yang dapat digunakan adalah JakLingko, E-Money (Bank Mandiri), Brizzi (Bank BRI), Tap Cash (Bank BNI), Flazz (Bank BCA), dan JakartaOne (Bank DKI).

Sementara bagi yang memilih untuk memakai kartu single trip, PT MRT juga menyediakan. Pengelola juga telah menyiapkan uang kembalian pembelian tiket.

Jadi mulai Senin (01/04/2019) ini, buat kamu yang berkantor atau sering beraktivitas di kawasan Sudirman dan sekitarnya, yuk naik MRT. Naik transportasi massal itu keren lho.

Baca juga: Naik MRT Bisa Pakai Kartu Uang Elektronik, Wah Jadi Gampang Dong

Bagikan: 573 kali