Ilustrasi Atap Rumah (Rumah123/Apartment Therapy)

Awal pekan ini, ritual mudik telah dimulai. Meski sebenarnya sudah mulai ada yang mudik sejak akhir pekan lalu.

Buat kamu yang bakal pulang kampung untuk menengok orang tua atau mertua, kamu tidak boleh lupa mengecek kondisi rumah. Apalagi kamu dan keluarga bakal meninggalkan rumah minimal seminggu. Apa saja sih yang perlu diperiksa?

Baca juga: Mudik Gak Mau Lewat Tol? Ya Bisa Aja Dong!

Pertama, pintu dan jendela rumah. Pastikan kalau kamu mengunci pintu dan jendela rumah sebelum berangkat. Pastikan juga kalau pintu dan jendela bisa terkunci rapat. Jika ada yang rusak, segera ganti.

Kalau nggak, kamu bakal mudik dengan khawatir. Mungkin ada pencuri atau maling yang mampir ke rumah dan menguras harta benda kamu.

Baca juga:  Kalau Mudik, Jangan Lupa Lapor Pak RT Ya!

Kedua, saluran pembuangan air. Coba periksa saluran air di seluruh rumah, jangan sampai ada daun atau sampah yang menyumbat.

Kamu nggak bakal tahu apakah ada hujan atau tidak selama kamu mudik. Jika hujan, saluran air mampet, sedangkan kamu tidak ada, ya bayangkan kalau air bakal merembes ke mana-mana.

Baca juga:  Titip Rumah ke Ortu Jadi Andalan Saat Mudik ke Mertua

Ketiga, air, gas, dan listrik. Periksa juga saluran air dari PAM atau mesin air, apakah ada kran yang rusak. Ganti atau perbaiki sebelum pergi.

Cek kompor gas dan kalau perlu cabut saja selang gasnya untuk sementara. Tidak ketinggalan listrik, apakah ada perangkat listrik yang menyala ketika rumah ditinggal? Matikan televisi, dekoder, laptop, atau apa saja yang menggunakan listrik.

Baca juga:  Mudik Lebaran? Titip Saja Rumah Kepada Tuhan!

Keempat, CCTV. Kalau kamu memasang CCTV di rumah, pastikan terkoneksi dengan baik ke smartphone kamu atau pasangan.

Saat kamu dan keluarga pergi, kamu bisa memantau siapa saja yang datang ke rumah. Tindakan preventif perlu dilakukan.

Baca juga:  ART Mudik? Waktunya Me Time!

Kelima, penyimpanan barang berharga. Sebelum pergi, tentunya kamu tidak bisa menyimpan barang berharga dalam safe deposit box kecuali dokumen, emas, dan benda berharga berukuran kecil lainnya.

Jika ada barang berharga berukuran besar seperti kamera, drone, stik golf, dan lainnya coba simpan di kamar anak. Biasanya maling suka melewatkan kamar ini.

Baca juga:  Ditinggal ART Mudik? Libatkan Anak Dong untuk Berbenah

Keenam, mobil dan motor. Ada sejumlah orang yang memilih mudik menggunakan pesawat terbang, coba cek kunci mobil dan motor. Pastikan kamu bisa menyembunyikan kedua kuncinya.

Kalau mobil memakai alarm, coba matikan alarm sehingga jika alarm menyala tidak mengganggu tetangga sekitar, apalagi kamu tidak ada di rumah.

Bagikan: 556 kali