OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Hampir Rampung, Indoor Multifunction Stadium GBK Siap Gelar Event Olahraga dan Konser Musik

18 Januari 2023 · 3 min read Author: Insan Fazrul

indoor multifunction stadium gbk

Pembangunan Indoor Multifunction Stadium GBK hampir rampung. Simak beberapa fasilitas yang terdapat di dalamnya!

Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) memasuki tahap akhir pembangunan.

Melansir laman pu.go.id, menurut Presiden Indonesia Joko Widodo, nantinya Indoor Multifunction Stadium GBK akan menjadi arena tertutup multifungsi terbesar di Indonesia.

Tak main-main, IMS kelak mampu menampung 16 ribu lebih penonton yang bisa dipakai untuk berbagai event olahraga dan venue konser musik.

“IMS bisa menampung 16.253 penonton dan bisa berfungsi baik untuk event-event olahraga seperti basket, badminton, futsal, voli dan juga bisa dipakai untuk festival budaya dan seni pertunjukan serta konser-konser musik dengan kapasitas sangat besar,” ungkap Jokowi yang melaksanakan Topping Off Indoor Multifunction Stadium bersama menteri terkait, pada Jumat, 13 Januari 2023 kemarin.

Lebih jauh, IMS GBK yang pembangunannya dimulai dari 2021 dan menelan biaya Rp639 miliar adalah salah satu bentuk usaha pemerintah pusat dalam membangun Jakarta agar setara dengan kota dunia.

“Kita akan terus membangun Jakarta dan melengkapi agar Jakarta memiliki fasilitas-fasilitas yang setara dengan kota-kota lain yang ada di dunia,” terang Jokowi.

Tujuan dan Fasilitas Indoor Multifunction Stadium GBK

indoor multifunction stadium

sumber: finance.detik.com

Lalu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun menjelaskan tujuan dibangunnya Indoor Multifunction Stadium GBK.

Menurutnya, hadirnya IMS di kawasan GBK merupakan bentuk dukungan pembinaan atlet nasional agar terus berprestasi di kancah dunia.

Apalagi, cabang olahraga basket pada SEA Games edisi terakhir berhasil merengkuh gelar juara.

“Pada SEA Games lalu, basket sudah juara, setelah memiliki stadion ini, prestasi harus lebih ditingkatkan. Jadi KPI-nya (indikator kinerja) harus prestasi.”

“Kenapa konsepnya multifungsi, karena bisa untuk konser dan olahraga.  Teknologinya teleskopik tribun. Lokasinya di tengah kota dengan penghijauan yang lebat dan parkir luas. Sehingga sudah tepat konsepnya multifungsi, dan selanjutnya harap diperhatikan aspek pemeliharaannya,” jelas Basuki.

Kemudian Menteri BUMN Erick Thohir berharap, pembangunan IMS bisa dimanfaatkan demi mendukung FIBA World Cup yang akan digelar pada Juni 2023 mendatang.

“Kementerian PUPR membangun Gedung ini dengan konsep green building, dan untuk pertama kalinya dengan sistem 7D. Jadi benar-benar dibangun dengan teknologi komputer Artificial Intelligence (AI) analysis, sehingga semuanya tepat sasaran. Nantinya IMS akan digunakan Menpora untuk Kejuaraan Dunia FIBA yang akan dibantu Perbasi,” terang Erick.

Sekadar informasi, IMS sendiri berlokasi di Blok 10 kawasan GBK, Senayan, Jakarta.

Bangunan tersebut dibangun di atas lahan 30.270 meter persegi yang dimiliki oleh Sekretariat Negara di bawah pengelolaan PKK-GBK.

Kemudian, luas bangunannya diproyeksikan akan mencapai 50.398 meter persegi.

***

Itulah penjelasan mengenai pembangunan Indoor Multifunction Stadium GBK.

Semoga bermanfaat, Property People.

Simak artikel rekomendasi artikel lain hanya di artikel.rumah123.com.

Lekas ikuti Google News dari Rumah123.com untuk mendapatkan banyak informasi terbaru.

Cluster Griya Sakinah adalah perumahan islami yang berada di daerah Bandung, Jawa Barat.

Kunjungi Rumah123.com untuk informasi lebih lanjut karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Cek sekarang juga!


Tag: , ,


insan

Content Writer

Sejak kuliah sudah aktif menulis di Pers Kampus. Usai lulus, Insan menjadi penulis lepas yang fokus dengan topik gaya hidup dan sepak bola. Kini, menulis di 99 Group dengan membahas properti, pendidikan, gaya hidup, hingga teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA