gempa- rumah123.com Gempa Kembali Terjadi di Indonesia Pada Jumat (2/8/2019). Pusat Gempa Berada di Sumur, Banten. Masyarakat Seharusnya Memiliki Aplikasi Mobile BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) yang Bisa Memberikan Beragam Informasi Termasuk Gempa (Foto: Rumah123/Getty Images)

Gempa berkekuatan besar kembali terjadi di Indonesia. Sudahkah kamu memiliki aplikasi pemantau informasi gempa? Saatnya untuk paham mitigasi bencana.

Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 6,9 ini terjadi pada Jumat (2/8/2019) pukul 19.03 WIB (Waktu Indonesia Barat). Situs berita online Kompas.com mengutip pernyataan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa gempa ini berpusat di 147 kilometer Barat Daya Sumur, Banten.

BMKG sempat merilis pernyataan bahwa gempa ini berpotensi tsunami. Namun, setelah beberapa jam tsunami yang dikhawatirkan memang tidak terjadi.

Baca juga: Indonesia Dilanda 11.577 Gempa Sepanjang 2018, Apa Antisipasi Kamu

Guncangan gempa sebenarnya lumayan terasa. Bahkan, gempa ini dirasakan tidak hanya di Jakarta dan sekitarnya alias Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), Jawa Barat, namun juga sampai Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Bali.

Beberapa saat setelah terjadi gempa, media sosial dan aplikasi percakapan via smartphone diramaikan dengan tangkapan layar (screen shot) akun Twitter BMKG yang bercuit soal gempa. Awalnya, BMKG merilis informasi kalau gempa berkekuatan magnitudo 7,4.

Gambar ini kemudian menyebar secara viral. Kemudahan teknologi membuat orang bisa mengetahui sebuah bencana hanya dalam tempo belasan menit.

Sekarang Zaman Kiwari, Saatnya Miliki Aplikasi Pemantau Informasi Gempa

Saat ini, tentunya zaman kekinian, zaman kiwari, jaman now, semua serba digital, serba internet. Orang hanya perlu menggunakan smartphone untuk memesan ojek, mencari makanan, mengirimkan barang, mentransfer uang, mencari rumah, dan lainnya.

Kalau dulu, orang mencari rumah harus ke pameran perumahan, maka saat ini orang hanya perlu mengakses property portal seperti Rumah123.com. Orang bisa mencari rumah dan apartemen baru hingga properti second.

Saat ini, sudah ada aplikasi mobile BMKG yang bisa memudahkan masyarakat bila terjadi bencana terutama gempa. Seperti dikutip oleh situs berita Kumparan.com bahwa BMKG telah meminta masyarakat untuk mengunduh (download) aplikasi mobile info BMKG.

Aplikasi ini berisi informasi seputar gempa, cuaca, kualitas udara, dan lainnya. Masyarakat bisa mendapatkannya via Google Play Store dan App Store secara gratis dan ukurannya hanya 10 MB (Megabyte).

Di dalam aplikasi ini terdapat sederetan informasi seperti cuaca, gempa, peta iklim, kualitas udara, cuaca maritim, cuaca bandara, titik panas, dan lainnya.

Informasi cuaca yang disajikan dalam bentuk prakiraan cuaca dalam tiga harian di seluruh kabupaten/kota di Indonesia dan tidak ketinggalan cuaca di lokasi pemakai aplikasi berada.

Soal gempa, informasi kiwari yang disajikan adalah gempa bermagnitudo lebih dari 5. Informasi diwartakan kurang dari lima (5) menit. Gempa ini dirasakan oleh orang. Ada informasi jarak lokasi gempa dengan lokasi pemakai aplikasi. Setiap waktunya terjadi getaran oleh gempa, namun banyak skalanya di bawah magnitudo 5. Kalau getarannya kecil tentu orang tidak terlalu khawatir.

Aplikasi ini menyajikan beberapa informasi peta iklim di Indonesia seperti peta hari tanpa hujan, peta prakiraan hujan bulanan, dan peta analisis hujan bulanan. Ada juga informasi mengenai kualitas udara dengan pengukur Partikulat Matter (PM10).

Selain itu, ada informasi cuaca maritim, cuaca bandara, dan titik panas. Cuaca maritim memberikan informasi ketinggian gelombang laut di perairan Indonesia. Cuaca bandara menyuguhkan informasi cuaca aktual dan empat (4) jam ke depan bandara di Indonesia. Titik panas atau Geo Hotspot memberikan informasi titik panas atau hotspot terkait potensi kebakaran hutan dan lahan.

Baca juga: Banjir Bandang Terjang Papua, Gempa Terjadi Lagi di Lombok, Kamu Wajib Paham Mitigasi Bencana

Bagikan: 1600 kali