Malaysia Sudah Memikirkan Memindahkan Ibu Kota Pemerintahan Sejak 1980-an. Ibu Kota Pemerintahan Malaysia Sudah Berada di Putrajaya Sejak 1999. Kota Ini Berjarak 24 Kilometer dari Ibu Kota Malaysia, Kuala Lumpur (Foto: Rumah123/Getty Images)

Indonesia masih sibuk berwacana soal pemindahan ibu kota, lain cerita dengan Negeri Jiran. Malaysia sudah mulai melakukannya sejak 1995. Lantas kenapa tidak belajar dari Malaysia saja ya?

Malaysia telah memindahkan ibu kota pemerintahannya dari Kuala Lumpur ke Putrajaya sejak 1999. Malaysia masih beribu kota di Kuala Lumpur, namun ibu kota pemerintahan berada di Putrajaya.

Sejumlah simbol penting negara seperti istana raja, gedung parlemen, dan juga kedutaan besar negara-negara asing masih berada di Kuala Lumpur.

Baca juga: Rio de Janeiro Jadi Ibu Kota Arsitektur Dunia, Jakarta Kapan Ya

Malaysia sudah memikirkan untuk memindahkan ibu kota sejak era 1980-an. Saat itu, Mahathir Mohamad masih menjadi perdana menteri. Mahathir memerintah dari 1981 hingga 2003, lantas dia memerintah lagi sejak 2018.

Kuala Lumpur dinilai sudah terlalu padat dan macet. Pemerintah Malaysia memutuskan untuk membangun kota baru yang terencana yaitu Putrajaya yang berjarak hanya sekitar 24 kilometer.

Kota baru ini dibangun mulai 1995. Pada 1999, sejumlah kementerian atau departemen pemerintahan mulai memindahkan kantornya ke Putrajaya.

Baca juga: Sudah Banyak Kok Negara yang Memindahkan Ibukotanya, Indonesia Bakal Menyusul Nih

Putrajaya hanya mempunyai luas 49 kilometer persegi. Bandingkan dengan Bogor yang mempunyai luas 118 kilometer persegi.

Kota ini memang tidak terlalu besar. Penduduknya hanya 91 ribu jiwa. Semuanya merupakan pegawai pemerintah. Para pegawai diupayakan pindah ke kota ini agar dekat dengan lokasi kerja. Pemerintah Malaysia memberikan sejumlah kemudahan.

Meski kecil, namun Putrajaya memiliki fasilitas lengkap terutama sekolah, universitas, dan ruang publik seperti taman. Ada taman berukuran hingga 92 hektar di kota ini. Putrajaya dapat diakses melalui mobil melalui jalan tol, bus, dan kereta.

Baca juga: Wacana Pemindahan Ibu Kota Kembali Muncul, Beneran Pindah Ga Sih?

Sebenarnya, Indonesia bisa belajar banyak dari Malaysia mengenai pemindahan ibu kota pemerintahan. Malaysia masih beribu kota negara yang sama, tetapi ibu kota pemerintahan sudah pindah.

Ibu kota baru Malaysia dirancang menjadi kota yang hijau dan juga smart city serta terhubung dengan transportasi massal. Mungkin Jakarta masih jadi ibu kota negara, namun ibu kota pemerintahan yang pindah.

Bagikan: 3337 kali