Ilustrasi Sampah Plastik (Foto: Rumah123/Edie.net)

Saat kamu berbelanja apa pun itu di supermarket, minimarket, atau department store, kamu bakal menenteng hasil belanja dalam kantong plastik. Pernah membayangkan berapa jumlah sampah plastik ini?

Koran Tempo melansir data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mengeluarkan data mengejutkan pada 2016 lalu. Mudah-mudahan para pegiat lingkungan nggak kena serangan jantung.

Baca juga: 4 Tahun “Makan” dari Tempat Sampah, Perawat Ini Bisa Beli Apartemen Rp13 Miliar!

Sebanyak 100 toko anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia memproduksi sampah kantong plastik seluas 67,5 hektare dalam setahun. Atau kira-kira setara dengan luas 60 kali lapangan sepak bola. Waduh, banyak aja.

Sementara itu, berdasarkan riset Jenna Jambeck, peneliti dari University of Georgia, Amerika Serikat pada 2015 menyatakan kalau Indonesia dinobatkan menjadi negara kedua penyumbang sampah plastik terbesar ke laut.

Baca juga:  Peralatan Makan dari Sampah Makanan, Ini Baru Daur Ulang!

Mau tahu jumlah sampah plastik yang diproduksi oleh Indonesia per tahun? Jumlahnya sebanyak 175 ton per hari. Catat ya, per hari, bukan per tahun.

Sejumlah lembaga, perusahaan, atau pun aktivis pun melakukan gerakan untuk mengatasi hal ini. Salah satunya adalah memberlakukan pembelian kantong plastik saat berbelanja di minimarket.

Baca juga:  Kayak Apa Ya Kalau Taman Terbuat dari Sampah?

Sementara sejumlah aktivis lingkungan mulai disiplin membawa tempat minuman sendiri, membeli sedotan non plastik, dan lainnya. Intinya mereka berpuasa tanpa sampah plastik.

Wah, banyak juga ya sampah plastik yang dibuang oleh orang Indonesia, termasuk mungkin kamu ya. Bagaimana mengatasinya? Gampang kok, mulai dari sekarang batasi penggunaan kantong plastik, miliki botol minuman sendiri yang bisa dicuci, dan lainnya.

Bagikan: 762 kali