Young woman using a laptop Setelah situs streaming online gratis dihentikan, masih banyak alternatif lsinnys - Rumah123.com. Graphic designer. UX design.

Setelah berkali-kali diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), situs streaming film gratis IndoXXI  akhirnya menyatakan akan menutup situs mereka per Januari 2020. Kabar mengenai penutupan situs tersebut sedang ramai dibicarakan, bahkan hingga menjadi Trending Topic nomor 1 di media sosial Twitter. Beberapa sineas film seperti Ernest Prakasa mengaku bersyukur dengan dihentikannya situs IndoXXI. Pasalnya, situs film bajakan sangat merugikan dan melanggar Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Namun bagi penonton setia IndoXXI, hal ini menjadi mimpi buruk di akhir tahun. Pasalnya, situs satu ini telah bertahun-tahun menemani para pecinta film di Indonesia. Bahkan berdasarkan survei yang dilakukan oleh YouGov, 63% konsumen Indonesia menonton film lewat situs streaming atau torrent, dan 35% menggunakan IndoXXI untuk menonton dan mengunduh film. 

Walaupun diprotes banyak orang, Kominfo terus menjalankan peraturannya tersebut. Kominfo pun menggandeng Direktorat Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, penegak hukum, dan Asosiasi industri kreatif untuk mengatasi peredaran karya secara ilegal. Bahkan juga mencari cara untuk memberikan efek jera bagi situs-situs "nakal" lainnya di masa mendatang.

Tentu saja sebagai masyarakat Indonesia yang baik, sebaiknya kita mengikuti aturan pemerintah. Apalagi jika hal tersebut mampu membuat Indonesia semakin maju. Daripada terus-terusan protes, sebaiknya kamu mencari alternatif streaming film lainnya. Tenang, contoh yang akan diberikan oleh Rumah123.com di sini tentunya legal dan tak melanggar hukum!

YouTube

Apa? Nonton film di YouTube? Mungkin sebagian besar dari kamu akan bertanya seperti itu. Tapi sebenarnya, sejumlah film memang ada yang diunggah di platform streaming video gratis satu ini. Terutama film-film pendek dan film-film indie yang tak sempat ditayangkan komersil di bioskop atau televisi. Walaupun begitu, kualitas dari film tersebut tak kalah bagus dari film komersil lho! 

Baca juga: 6 Barang Pembawa Sial di Rumah, Kamu Percaya Gak?

Viu

Viu merupakan penyedia layanan streaming video gratis yang banyak menyediakan video serial atau film Korea. Pertama kali diluncurkan di Hong Kong, pelanggan Viu bisa memilih untuk berlangganan atau tidak. Tentu saja, dengan paket berlangganan, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya adalah bisa menonton tanpa iklan. 

Iflix

Iflix adalah layanan Video On Demand yang menyediakan streaming Film dan Acara Televisi melalui Internet. Iflix merupakan layanan Internet TV terbesar di Asia. Awalnya Iflix berasal dari Malaysia, namun kini layanannya bisa dinikmati di Filipina, Thailand, Vietnam, Srilanka dan tentunya di Indonesia. Sama seperti Viu, Iflix juga bisa dinikmati dengan atau tanpa berlangganan. Bedanya, koleksi film untuk kamu yang berlangganan lebih banyak dan beragam. 

Hooq

Hooq merupakan app streaming film dengan banyak pilihan diantaranya film box office, film lawas dan serial tv yang banyak digemari. Aplikasi Hooq bisa diunduh melalui smartphone, laptop, komputer dan tablet serta untuk televisi tersedia Hybrid Box.

Baca juga: 8 Film Terbaik Sepanjang Masa yang Gak Bikin Ngantuk Walau Ditonton di Rumah

GoPlay

Sebagian besar dari kamu pasti sudah tahu tentang GoJek kan? Layanan yang berawal dari transportasi online tersebut kini juga merambah dunia entertainment dengan meluncurkan platform video on demand pertamanya, GoPlay. Kamu bisa menemukan berbagai film dan series di dalamnya. Namun untuk menikmatinya, kamu dikenakan biaya berlangganan mulai dari Rp 49 ribu yang dibundling dengan voucher GoFood.

Netflix

Netflix adalah salah satu aplikasi streaming video paling populer di dunia. Selain karena koleksi film dan series-nya yang beragam, mereka juga memproduksi sendiri film serta serial yang bahkan melebihi popularitas film serta serial lainnya. Sebut saca Black Mirror, Bird Box, Stranger Things, dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, Netflix juga menyediakan banyak pilihan film Indonesia lho! Sayangnya, Netflix kurang ramah untuk pengguna di Indonesia karena tidak bisa diakses dengan jaringan Telkom. Pembayarannya pun terbatas, hanya melalui kartu kredit dan jaringan seluler tertentu.

Amazon Prime

Seperti namanya, Amazon Prime merupakan produk streaming film online dari salah satu e-commerce terbesar di Amerika Serikat, Amazon. Sama seperti Netflix, Amazon Prime juga punya sejumlah film produksi sendiri yang tak kalah menarik. Sebut saja serial Modern Love, yang dibintangi oleh artis papan atas seperti Anne Hathaway, Dev Patel, Tina Fey, Andrew Scott, Ed Sheeran, dan masih banyak lagi. Tapi sayangnya, Amazon Prime tak memiliki koleksi film atau serial Indonesia.

CatchPlay

CatchPlay merupakan salah satu layanan streaming film dan serial yang berasal dari Taiwan. Walaupun berbayar, CatchPlay menawarkan banyak fitur menarik. Misalnya seperti fitur bimbingan orang tua, yang memudahkan orang tua mengontrol tontonan anak-anaknya. Aplikasi ini juga bisa diakses melalui smartphone, komputer, atau TV.

Vidio

Vidio adalah layanan streaming video yang didirikan pada Oktober 2014. Vidio dimiliki oleh PT Surya Citra Media Tbk, anak perusahaan Emtek. Kamu bisa mengakses Vidio melalui website ataupun mengunduh aplikasinya. Uniknya, Vidio tak hanya menyediakan video on demand dengan film atau serial yang sudah ada, melainkan juga menyediakan layanan siaran langsung dari sejumlah televisi tanah air. Kamu bisa mengaksesnya secara gratis. Namun untuk sejumlah film eksklusif, kamu harus menjadi member dan membayar biaya keanggotaan terlebih dahulu.
Bagikan:
26566 kali