India Meresmikan Patung Tertinggi Di Dunia, Tingginya Mencapai 182 Meter (Foto: Rumah123/Times Now)

India baru saja meresmikan patung setinggi 182 meter. Tinggi patung yang berada di negara bagian Gujarat ini sama dengan gedung bertingkat 50 lantai.

Sebenarnya, tinggi patung keseluruhan dari dasar hingga bagian atas adalah 240 meter. Ada bagian dasar yang menjadi bagian penyangga patung.

Patung ini merupakan Sardar Vallabhbhai Patel yang merupakan founding father Republik India. Ya, kira-kira sama dengan Soekarno dan Muhammad Hatta kalau di Indonesia.

Baca juga: Mau Tahu Gedung Tertinggi Kedua di Tiongkok dan Tertinggi Kelima di Dunia?

Biro arsitek Michael Graves Architecture and Design mendesain monument ini. Sementara patung didesain oleh pematung asal India, Ram V. Sutar.

Guardian melansir kalau patung dan strukturnya dibuat selama empat tahun. Biaya yang harus dihabiskan mencapai 314 juta pound (Rp6 triliun).

Material yang dibutuhkan untuk membangun patung ini mencapai 210.000 meter kubik semen, 25.000 ton baja, dan 1.700 ton perunggu.

Baca juga:  Lotte World Jadi Gedung Tertinggi Kelima di Dunia, Tingginya 4 Kali Monas!

Ada dek observasi pada ketinggian 153 meter. Pengunjung dapat menggunakan lift untuk mencapai bagian ini. Pemerintah India memperkirakan monument ini akan menarik perhatian 15.000 turis setiap harinya.

Situs arsitektur dan desain Dezeen menyatakan kalau patung ini merupakan patung tertinggi di dunia. Posisi kedua ditempati oleh patung Spring Temple Buddha di China yang mempunyai tinggi hanya 128 meter.

Soal tinggi, bayangkan kalau Monumen Nasional (Monas) masih kalah 100 meter dari patung ini. Monas hanya memiliki tinggi 132 meter. Jadi bisa dibayangkan tinggi, besar, dan megahnya patung ini. Kalau kamu sedang traveling ke India, jangan lupa mampir ke sini dong.

Baca juga:  Kayak Gimana Ya Menginap di Hotel Tertinggi di Dunia?

Bagikan: 613 kali