Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua Akan Menyimpan Impian Anak-anak Indonesia Dari 34 Provinsi Dari 2015 Hingga 2085 (Foto: Rumah123/Kompas.com)

Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Monumen ini akan berisi impian anak-anak dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Bangunan ini berdiri di atas lahan 2,5 hektare. Jika dilihat dari atas, monument ini mirip dengan logo Avengers, para superhero yang diambil dari komik Marvels.

Arsitek Yori Antar mendesain bangunan dan juga kompleks monumen. Bangunan ini terinspirasi dari menara perang suku Dani.

Baca juga: Ide Liar, Desainer Ini Rancang Monumen Setinggi Gedung 14 Lantai

Ada lima akses masuk bangunan yang merepresentasikan lima suku asli Merauke yaitu Malind, Muyu, Mandobo, Mappi, dan Auyu. Pada bagian dalam relief mengenai perjalanan Republik Indonesia, Pancasila, dan kebudayaan Papua.

Monumen ini memiliki lebar 17 meter, tinggi 8 meter, dan panjang 45 meter. Semua ini memiliki makna istimewa karena merupakan tanggal, bulan, dan tahun kemerdekaan Indonesia. Monumen ini akan menyimpan pesan-pesan dan harapan anak-anak Indonesia untuk 70 tahun ke depan.

“Di setiap provinsi, anak mudanya menulis keinginannya 70 tahun ke depan, yang kemudian disimpan di sini, setelah itu dilas, dan akan dibuka tahun 2085 nanti,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga:  Kota Brasilia Jadi Karya Monumental Arsitek Legendaris Oscar Niemeyer

Pembangunan monumen ini dimulai sejak 2016 dan selesai pada November 2018. Biaya pembangunan mencapai Rp82,9 miliar.

Monumen ini didesain menjdai ruang terbuka publik dan lokasi wisata bagi masyarakat Merauke. Selain itu, keberadaannya diharapkan bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Nah, kalau kamu sedang traveling ke Papua, mampir dong ke Monumen Kapsul Waktu. Jangan traveling ke luar negeri melulu dong.

Baca juga: Monumen Mobil, Representasi Karier Sang Raja Balap Dunia

Bagikan: 262 kali