cara mengatur keuangan

Cara mengatur keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh keluarga milenial di masa yang modern saat ini.

Pasalnya, percepatan teknologi semakin memudahkan banyak orang dalam memiliki rencana jangka panjang sekalipun mewujudkan rumah idaman.

Meski demikian, rumah memang bukan barang yang bisa dibeli dengan anggaran minimal sekalipun harus mempersiapkan anggaran hingga ratusan bahkan miliaran rupiah.

Tak jarang, anggapan milenial tidak bisa beli rumah pun kerap menghantui, sehingga mereka pun urung niat beli rumah. 

Perlu diketahui, kebutuhan primer ini harus kamu perjuangkan, sekalipun harus rela berkorban dan jangan menyerah untuk investasi beli rumah.

Agar kita bisa menyisihkan anggaran beli rumah, cara mengelola keuangan keluarga pun patut menjadi pertimbangan cermat supaya dapat terstruktur dengan baik. 

Lantas, seperti apa cara mengatur keuangan rumah tangga terbaik khususnya dalam perencanaan gaji? Simak pembahasannya bersama-sama! 

Cara mengelola keuangan dalam rumah tangga berikut bisa menjadi solusi dalam mewujudkan hunian idaman 

Untuk mewujudkan rumah idaman, ada beberapa cara terbaik yang bisa kamu lakukan dengan mudah melalui pendekatan sebagai berikut : 

1. Prinsip mengelola uang dengan rumus 1234 

Sumber : katamasa.com

Mengelola uang dengan rumus 1234 merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh financial planner, baik dalam rumah tangga maupun beli rumah.

Pedoman cara mengelola keuangan rumah tangga dengan rumus 1234 adalah 10% untuk investasi, 40% operasional, 30% bayar cicilan , 20% tabungan dan dana darurat.

Rumus 1234 ini bukan akan sangat membantu kamu supaya tidak terjadi “lebih besar pasak daripada tiang”.

2. Tentukan anggaran dana yang sudah dimiliki

Anggaran rumah tangga Sumber : Google

Saat kamu ingin beli rumah, pastinya cara mengatur keuangan yang wajib untuk diketahui adalah menentukan anggaran dana untuk beli rumah.

Anggaran dana bisa merujuk dalam dua hal, yakni untuk beli rumah secara tunai maupun perencanaan KPR jangka panjang.

Perlu kamu ketahui, saat ini standar DP rumah rata-rata berkisar 20% dari total nilai jual rumah sehingga cara mengatur keuangan pun perlu diperhatikan secara jelas.

Oleh sebab itu, kamu pun bisa mengelola keuangan keluarga tanpa harus mengganggu rencana operasional keluarga.

3.  Cara mengatur keuangan dengan penghasilan tambahan

Kerja sampingan Sumber : Google

Apabila kamu kesulitan mengelola uang dengan rumus 1234 sekalipun sulit menabung rutin, ada baiknya jika kamu mencari penghasilan tambahan (side job). 

Coba cermati lagi berapa waktumu yang masih bisa digunakan untuk kerja sambilan. Manfaatkan sisa waktu itu untuk benar-benar ‘menghasilkan’ secara produktif.

Penghasilan tambahan tersebut bisa bersumber dari bakat, sekalipun hobi yang kamu geluti sehingga akan sangat mudah dan menyenangkan

Mumpung masih muda, masih produktif, kenapa tidak untuk mencari penghasilan tambahan sebagai cara mengatur keuangan terbaik?

4.  Cara mengelola keuangan keluarga tanpa hutang

Hutang kartu kredit Sumber : Google

Selanjutnya, cara mengelola keuangan yang harus kamu perhatikan sebisa mungkin tidak untuk berhutang, terlebih jika hal tersebut berkaitan dengan gaya hidup hedonisme.

Mengikuti tren,bisa bikin kita kelihatan gaya namun ada baiknya jika kamu mempunyai fokus untuk mewujudkan rumah idaman.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu berhutang dengan kartu kredit untuk membeli “keinginan” bukan “kebutuhan”.

5.  Mengurangi biaya hidup 

Mengurangi hedonisme Sumber : Google

Selain mengelola perencanaan keuangan tanpa hutang konsumtif, tak ada salahnya jika kamu berkorban untuk mengurangi gaya hidup.

Cara mengatur keuangan ini kerap menjadi hal yang sangat solutif dalam mewujudkan rumah idaman, sekalipun dalam tempo yang cepat.

Sebagai contoh saat kamu makan yang menjadi kebutuhan primer, dimana makan sehari-hari bisa kamu sesuaikan dengan kocek pribadi. 

Dalam hal ini, kamu pun bisa berhemat sekalipun mengurangi keinginan makan di restoran mewah, sekalipun kamu bisa berhitung setiap kali makan sudah habis berapa.

Bukan tak mungkin makan yang hemat bisa menjadi alternatif dalam cara mengelola keuangan keluarga.

6.  Pastikan kamu punya target yang baik sebagai cara mengelola keuangan keluarga

Cara mengatur keuangan Sumber : Google

Tak hanya sekadar mengumpulkan uang, cara mengatur keuangan juga berkaitan dengan target dan waktu.

Oleh sebab itu, kamu pun bisa merencanakan waktu yang baik sesuai dengan target terkumpulnya DP maupun uang tunai keras untuk beli rumah.

Adapun, kamu bisa memiliki tenggat waktu mulai dari 6 bulan sampai dengan dua tahun, sehingga kamu pun termotivasi untuk menghasilkan uang lebih.

7.  Cara mengelola keuangan keluarga dengan mengendalikan simpanan lain

Reksadana sebagai cara mengatur keuangan terbaik Sumber : Google

Selain menabung, kamu juga bisa merencanakan keuangan dengan mengendalikan simpanan lain, sekalipun mendukung kebutuhan operasional tabungan.

Adapun, pengelolaan keuangan keluarga ini bisa kamu alihkan dengan berbagai jenis literasi keuangan, mulai reksadana, deposito maupun asuransi jenis unit link.

Jika kamu memiliki satu diantara simpanan tersebut, bukan tak mungkin hal tersebut akan memudahkan cara mengatur keuangan dalam mewujudkan rumah idaman.

Itulah beberapa cara terbaik dalam mengelola keuangan rumah tangga, sekalipun bisa mewujudkan rumah idaman. 

Yuk, temukan referensi hunian idaman, selengkapnya di Rumah123

"Temukan apartemen idaman bersama Sentraland Antapani selengkapnya."

Bagikan:
14177 kali