OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

IKN Nusantara Prioritaskan Mobilitas Pejalan Kaki, Berikan Kemudahan Akses bagi Masyarakat

26 September 2022 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah

jalur pejalan kaki di IKN

IKN Nusantara akan memberikan kemudahan mobilitas bagi pejalan kaki. Berbagai akses dan sistem transportasi siap dihadirkan.

Sudah lebih dari 50 persen pembangunan Ibu Kota Negara Baru (IKN) Nusantara dilakukan.

Pengembangan kawasan IKN sendiri akan memadukan tiga konsep perkotaan, yakni kota hutan, kota spons, dan kota cerdas. 

Dengan mengusung desain smart and green city, pembangunan IKN diharapkan bisa memberikan kemudahan akses bagi masyarakat.

Namun, dengan tetap memgedepankan kota yang ramah lingkungan. 

Hal tersebut sesuai dengan perencanaan kawasan IKN untuk menyeimbangkan ekologi alam, lingkungan terbangun, dan sistem sosial secara harmonis.

IKN Nusantara Prioritaskan Mobilitas Pejalan Kaki

ikn nusantara berikan kemudahan bagi pejalan kaki

Sumber: Kumparan.com

Dengan konsep yang diterapkan dalam pembangunannya, tak mengherankan jika mobilitas di IKN akan berorientasi dan memprioritaskan manusia, terutama para pejalan kaki.

Hal ini pun dijelaskan langsung oleh Koordinator Tim Ahli Tim Transisi Otorita Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara Wicaksono Sarosa.

Menurutnya, mobilitas IKN harus memprioritaskan pejalan kaki dan kendaraan non-bermotor, seperti halnya sepeda ataupun transportasi publik. 

“Ini perubahan paradigma sebenarnya, karena prioritas utama adalah pada pejalan kaki. Sedangkan mobil atau kendaraan pribadi merupakan prioritas paling bawah” jelasnya seperti dikutip dari laman republika.co.id.

Sementara itu, untuk kendaraan bermotor maupun mobil pribadi harus dikurangi dalam rangka menciptakan IKN Nusantara sebagai kota yang ramah lingkungan.

Siapkan Kemudahan Akses bagi Masyarakat

ikn nusantara

Sumber: Kompas.com

Dalam proyek IKN Nusantara, nantinya juga akan ada upaya melakukan konektivitas pejalan kaki terintegrasi pada berbagai level lapisan bangunan.

Tentunya, hal tersebut memberikan kemudahan akses bagi masyarakat. 

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan rencana pengembangan sistem transportasi cerdas, terintegrasi, dan ramah lingkungan. 

Ini dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan bahwa tujuan utama pembangunan IKN adalah mengedepankan kota yang cerdas.

Tak hanya itu, IKN pun diharapkan bisa bersaing di tingkat global, sebagai transformasi menuju negara yang berbasis inovasi, teknologi, dan ekonomi global.

Budi Karya Sumadi, selaku Menteri Perhubungan (Menhub) mengungkapkan bahwa penyiapan transportasi sangat penting dalam mendukung kemudahan akses dan mobilitas di IKN.

Bukan hanya bagi manusia saja, melainkan juga akses dan mobilitas barang di kawasan IKN.

Adapun sistem transportasi yang dikembangkan di IKN tidak terlepas dari sektor transportasi darat. 

Jika sesuai dengan rencana, nantinya akan dikembangkan fasilitas pejalan kaki, jalur sepeda, kendaraan listrik berbasis baterai, hingga kendaraan autonomous untuk angkutan bus.

Nah, itulah informasi terbaru dari IKN Nusantara. Jadi, bagaimana tanggapanmu terkait hal ini?

Baca juga ulasan artikel gaya hidup, kabar properti hingga inspirasi desain, hanya di artikel.rumah123.com.

Bila kamu ingin cari rumah impian, yuk temukan beragam rekomendasi terbaiknya di Rumah123.com, karena kami #AdaBuatKamu.

Rekomendasi terbaik untuk memiliki rumah minimalis di kawasan Bekasi, Jawa Barat, pastinya Mustika Village Sukamulya.


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA