Foto: Rumah123/Getty
 

Belum punya rumah karena ga punya duit atau dana ga juga ngumpul? Ah, alasan klasik! Kalau kemauan kuat, pasti kebeli juga rumah yang kamu butuhkan itu. Ga percaya? Coba cek lagi pengeluaranmu. Dengan lebih mencermatinya dan benar-benar mengencangkan ikat pinggang, akan lebih banyak uang yang bisa kamu simpan.

Ayo, belajar dari pengalaman seorang ibu di Asutralia yang bisa menghemat pengeluaran hingga sekitar Rp400 juta setahun dengan benar-benar mengikat pinggang sekencang-kencangnya. Simak poin berikut ini yang dikutip dari haibunda.com, 10 April 2018, tentang pengalaman blogger asal Melbourne, Australia, Olivia White, menghemat koceknya.

Baca juga: Susah Menabung? Nah, Inilah Waktunya Meramal Keuanganmu!

Ga Punya Utang Selain Cicilan KPR 

Tetapkan tujuan berbelanja. Mulailah dengan tidak memiliki utang lain selain dari pinjaman rumah.

Catat Setiap Pengeluaran 

Situasi dan kondisi setiap orang emang beda. Namun, mencatat setiap pengeluaran bisa dilakukan oleh siapa pun. Kalau Olivia, hal pertama yang ia lakukan adalah memasukkan setiap pengeluaran ke dalam spreadsheet (dibukukan). Dia menulis setiap pengeluaran dan mengategorikan semuanya. Termasuk makanan, kebutuhan anak-anak, hiburan, utilitas, dan rumah tangga.

Pangkas Abis Pengeluaran yang Ga Perlu

Pangkas abis pengeluaran yang sebenarnya ga kamu perlukan semisal biaya keanggotaan suatu perkumpulan. Kurangi bahkan kalau bisa hilangkan kebiasaan buruk menghabiskan uang di supermarket untuk benda-benda yang ga terlalu penting beberapa kali seminggu dan makan siang di luar.

Baca juga: Nabung Dana DP Rumah, Potong di Depan!

Rencanakan Belanja Mingguan

Rencanakan belanja mingguan. Semisal dengan memilih lima resep untuk seminggu dan berbelanja sesuai kebutuhan. Kalau perlu habiskan waktu 20-30 menit untuk membaca dengan teliti tentang apa yang ingin kamu makan.

Belanja Lewat Online

Keluarga Olivia hampir 90 persen berbelanja kebutuhan secara online. Hal ini menurut Olivia akan menghilangkan kemungkinan pembelian impulsif di toko untuk hal-hal yang ga dia butuhkan.

"Satu hal yang benar-benar membantu kami mencapai tujuan adalah pembayaran mingguan untuk semua utilitas. Ini memungkinkan kami untuk menyimpan dana dari pengeluaran yang ga perlu. Sehingga, tagihan termasuk kartu kredit ga membengkak. Kami menerapkan prinsip ini untuk listrik, gas, dan air," kata Olivia.

Baca juga: Bang Bing Bung! Gini Cara Nabung Agar Milenial Kebeli Rumah!

Tahu Cara Mendapatkan Uang

Olivia dulu sulit dapat kerja, tapi justru kesulitan itu pada akhirnya bikin dia menemukan cara untuk mendapatkan uang.

Jangan Bandingkan Diri dengan Orang Lain!

Olivia mengatakan, penting bgai kita untuk ga membandingkan diri sendiri dengan orang lain, terutama di era medsos saat ini.

"Sangat mudah kita terjebak dan berpikir kita ingin atau membutuhkan sesuatu, hanya karena kita melihat apa yang orang lain miliki. Rumah yang lebih besar, mobil mewah, liburan mewah. Padahal, apakah kita benar-benar membutuhkannya?" kata Olivia. Ya, bener ga kita membutuhkannya?

Dengan melaksanakan poin-poin tersebut, kamu akan bisa memangkas pengeluaranmu sekian persen, dan mungkin kamu kaget sendiri kalau ternyata bisa menabung lebih banyak, lebih bisa mengumpulkan uang buat beli rumah.

Bagikan: 706 kali