Indonesia Young Architects Memajang 40 Karya Arsitek Muda yang Mendesain Rumah Sempit Berukuran 100 M2 (Foto: Rumah123/Dodiek Dwiwanto)

Buat kamu generasi milenial yang ingin mendesain ulang atau membangun rumah sempit, ada sejumlah ide desain arsitektur rumah sempit yang bisa kamu lihat.

Pameran Homedec 2018 kembali diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang pada 6-9 September. Pameran tahun ini mengambil tema It’s time to make over your home.

Baca juga: Saatnya Milenial Jatuh Cinta Kepada Rumah Sempit

Dalam Homedec 2018, ada pameran Rumah 100 m2 yang dipersembahkan oleh Indonesian Young Architect (IYA). IYA merupakan sebuah komunitas para arsitek muda di Bali.

Awalnya, mereka sering berkumpul, berdiskusi, dan kemudian berinisitiaf untuk membuat semacam kompetisi mendesain rumah sempit dengan luas hanya 100 m2. Luas ini di Bali dikenal dengan satu are.

Baca juga:  Tinggal Nyaman di Apartemen Sempit, Santai Ke Mana Pun Naik Angkot

Ratusan arsitek muda dari seluruh Indonesia pun mencoba mengikuti sayembara ini. Mereka datang dari beragam kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, hingga Bali.

Bahkan, ada arsitek muda Indonesia yang sedang bekerja di luar negeri pun tertarik untuk mengikutinya. Usia peserta dibatasi maksimal 40 tahun.

Baca juga:  Nih, Cara Buat Dapat Ide Bangun Rumah Sempit

Para peserta diharuskan mendesain hunian dengan luas hanya 100 m2. Ada dua pilihan lahan, ada yang berbentuk melebar, ada juga yang memanjang.

Mereka mendapatkan tantangan untuk memilih klien. Ada klien professional millennial family, the single, international family, productive family, dan multi generation family.

Baca juga:  Mau Tahu Trik Desain Apartemen Sempit?

Ada 60 arsitek muda yang mengirimkan karyanya, 40 di antaranya dikurasi oleh sejumlah arsitek senior. Karya-karya mereka ini ditampilkan di Homedec 2018.

“Ada 40 karya yang dipilih, banyak yang milih klien keluarga muda ya. Hampir 30% ya. Klien keluarga muda, istri ingin buka warung, suami mau buka penginapan,” ujar perwakilan Indonesian Young Architect, Andesita Oki kepada Rumah123.

Baca juga:  Mesin Cuci Piring Khusus untuk Rumah Sempit

“Kenapa seperti itu, saya rasa ini jadi kebutuhan orang. Ini mengakomodasi kebutuhan pasangan. Ada yang ingin memiliki guest house, istri mau berwirausaha, ada kebutuhan ruang,” lanjut Andesita.

Klien yang dimaksudkan oleh Andesita adalah productive family. Klien ini merupakan pasangan muda yang baru menikah dan berasal dari Bali. Sang suami adalah travel guide. Dia memiliki aktivitas mengantar jemput turis yang berlibur di Bali.

Baca juga:  Rumah Sempit Impian Kaum Milenial

Sementara sang istri ingin membuka warung makanan di Bali untuk menambah pendapatan keluarga. Mereka juga ingin memiliki satu kamar penginapan di rumah.

Buat kamu yang ingin mendesain ulang hunian atau membangun rumah, ada 40 ide rumah sempit yang bisa kamu lihat lho. Datang aja ke Homedec 2018.

Baca juga:  Kolam Renang Kecil di Lahan Sempit

Para Peserta Kompetisi Rumah 100 M2 Juga Membuat Maket (Foto: Rumah123/Dodiek Dwiwanto)
Bagikan: 910 kali