Ilustrasi (Foto: Rumah123/REA Group Australia)

PT Hutama Karya (Persero) akan membangun dan mengembangkan rusunami (rumah susun sederhana milik) di Jurangmangu, Tangerang, Banteng. Hunian vertikal berkonsep TOD (Transit Oriented Development) ini akan terintegrasi dengan Stasiun Jurangmangu.

Pembangunan rusunami ini dilakukan oleh anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo. Pembangunannya direncanakan selesai pada 2023.

Seperti dilansir dari Okezone, rusunami ini akan dibangun di atas lahan seluas 4,6 hektare. Nantinya, ada enam tower dengan total unit rusunami mencapai 4.510.

Baca juga: Tinggal di Apartemen TOD Ini Bisa Irit Transportasi Hingga Rp6 Juta per Bulan

Pembangunan hunian vertikal ini akan dilakukan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, HK Realtindo mengoptimalkan stasiun dan membangun tiga tower.

Dalam tahap pertama, akan dibangun 1.500 unit rusunami. Sementara untuk tahap kedua, akan dibangun sekitar 2.300 unit rusunami.

Rencana pembangunan akan dimulai pada semester I 2019 dan diproyeksikan selesai pada 2023 mendatang. Saat ini, HK Realtindo masih mengurus proses perijinan.

Baca juga: Pengen Bujet Transportasi Murah? Pilih Hunian TOD di Kawasan Ciputat ini Aja!

Sebanyak 30 persen dari tahap pertama pembangunan rusunami ini atau sekitar 450 unit diperuntukkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Hunian untuk MBR ini akan dipasarkan dengan harga Rp8 juta per meter persegi dengan luas unit rusunami mulai dari 32 meter persegi.

Hunian vertikal ini memang berkonsep TOD lantaran terkoneksi langsung dengan stasiun commuter line Jurangmangu di Tangerang Selatan, Banten. Penghuni hanya perlu melangkah keluar dari apartemen untuk sampai ke stasiun.

Sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) membangun hunian vertikal berkonsep TOD dengan memanfaatkan lahan milik PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). Buat kamu yang sedang mencari hunian, buruan cari tahu informasi.

Baca juga: Cara Memiliki Hunian TOD Rawa Buntu, Udah Tau?

Bagikan: 1264 kali