Foto: Rumah123/iStock

Saat ini ukuran rumah kecil-kecil, semisal Tipe 21/60 atau 36/72. Para pengembang seakan menjawab kebutuhan calon pembeli rumah saat ini yang kantungnya pas-pasan. Dengan ukuran hunian yang kecil, harganya pun bisa jadi  kecil. Alhasil, bisa dicicil.

Tengok saja pengembang Apartemen Cimanggis City, PT Permata Sakti Mandiri, hanya membangun unit hunian Tipe 21 (Studio) dan Tipe 36 (2 Kamar), harganya mulai Rp250 jutaan. Sedangkan Prakarsa group yang mengembangkan Casavera Dramaga Residence hanya menjual satu unit rumah bertipe 36/72 (Tipe Magnolia). Alasannya, karena tipe rumah seperti ini yang laris-manis.

Baca juga: 4 Inspirasi dari Hong Kong untuk Apartemen Mungilmu

Gimana cara rumah yang kecil bisa didekorasi agar menarik dan cukup nyaman dihuni? Sssttt..! ada caranya lho! Ga usah bingung, kalau ukuran hunianmu terbatas, keluarkan semua ide-ide kreatifmu. Ga usah ide yang hebat-hebat kalau kamu ga sanggup. Cukup lewat cara sederhana, hunianmu pun  bisa tampil ‘lebih berwarna’ sekaligus nyaman. Yuk, simak!

Baca juga: Rumah Mungil, Hati Ga Usah Kecil Ah!

Ruang Tamu

Ingat satu hal, bahwa warna bisa menciptakan kesan dinamis pada ruangan. Ga usah juga repot-repot mengecat ulang semua dinding kalau pengembang sudah mengecatnya. Kamu cukup memberikan sentuhan warna lain yang dinamis melalui gorden, bantal sofa, karpet, dan sebagainya.

Akan tetapi, kamu harus konsisten pada gradasi warna tertentu yang sudah kamu pilih, sehingga tidak bertabrakan. Misalnya, jika memilih hijau sebagai warna utama, pilihlah warna lain yang tidak mencolok sebagai aksen, seperti krem.

Dinding dan furnitur berwarna putih dipadukan dengan warna lain sebagai aksen. Foto: Rumah123/iStock
Ruang Tidur Anak

Kalau ruang tidurmu pastinya gampanglah mengaturnya, tapi kalau kamar tidur anak-anak? Pastinya banyak mainan berserakan, bukan? Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat rak-rak vertikal. di atas kepala tempat tidur ataupun di atas meja belajar anak.

Cukup kamu beli papan kayu masing-masing ukuran 2x20 cm, pasanglah dengan menggunakan siku-siku terbuat dari kayu. Kalau pengin tampilan ruang berubah drastis, kamu bisa meniru pemasangan rak yang menggunakan kisi-kisi kayu di sepanjang dinding, di atas kepala tempat tidur anak.

Ruang tidur anak dengan warna-warni dinamis pada furniturnya. Foto: Rumah123/iStock
Ruang Makan

Udah tahu kan kalau warna putih bikin ruang sempit terasa lebih luas dan bersih? Nah, coba lapisi meja dan lemari dengan pelapis sintetis berwarna putih, yang kini banyak dijual di toko bangunan dengan nama umum veneer.

Tempelkan veneer secara merata pada furniturmu. Pelapis ini mudah dibersihkan, jadi kamu ga perlu khawatir jika ada kuah makanan atau minuman yang tumpah.
Penataan ruang makan yang simpel, warna putih dinding berpadu dengan warna-warna dinamis furnitur. Foto: Rumah123/iStock

Dapur

Seperti halnya di kamar anak, kamu bisa melengkapi dapurmu dengan rak-rak sejenis. Gunakan papan kayu dengan lebar 25-30 cm agar bisa memuat wadah bumbu. Jangan lupa, letakkan cermin pada satu sisi dinding demi menciptakan kesan luas.

Rak pada dapur tempat meletakkan wadah bumbu, simpel dan menghemat ruang. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto

Nah, coba perhatikan, kini rumah mungilmu tampak luas dan menarik, bukan?

Bagikan:
2537 kali