Biro Arsitek Spanyol, TAAB6 Mendesain Ulang Sebuah Hunian yang Memadukan Bagian Tradisional dan Kontemporer (Foto: Rumah123/Dezeen)

Biro arsitek Spanyol, TAAB6 mendesain ulang sebuah hunian yang menyatukan fitur kontemporer dan tradisional. Ada sejumlah bagian lama yang dibiarkan apa adanya, namun juga ada bagian yang didesain ulang lebih kekinian.

TAAB6 merupakan firma yang berkantor pusat di Barcelona, Spanyol. Arsitek Ivan Llach dan Raquel Colacios mendirikan biro arsitek ini.

Dezeen melansir bahwa rumah ini memiliki lebar tujuh meter dengan panjang sepuluh meter. Hunian ini mempunyai tiga lantai termasuk teras atap.

Baca juga: Pusat Seni Tiongkok Ini Perpaduan Identitas Tradisional dan Arsitektur Kontemporer

Arsitek ingin tetap mempertahankan beberapa bagian asli rumah sebisa mungkin. Meski begitu, hunian ini harus bisa cocok dengan kehidupan sehari-hari.

Lantai dasar rumah ini memiliki ubin yang masih asli. Area ini memiliki dapur, ruang makan, dan ruang duduk dengan konsep open space. Sebelumnya, ada enam ruangan pada lantai ini.

Sebagian lantai pada area ini juga menggunakan beton ekspos. Arsitek merancang area indoor dan outdoor seperti menyatu pada lantai ini.

Arsitek Mendesain Dapur, Ruang Duduk, dan Ruang Makan dengan Desain Kontemporer (Foto: Rumah123/Dezeen)

Baca juga: Perpaduan Gaya Tradisional dan Modern dalam Rumah DJ Musik Elektronik

Sebagian besar rumah, ada aplikasi plester tembok berwarna putih yang dikombinasikan dengan batu bata ekspos. Malah beberapa ruang memiliki plafon dari batu bata ekspos. Semua ini ada di lantai dua dan tiga yang berisi kamar tidur utama dan kamar tidur anak.

Batu bata ekspos ini baru diketahui saat renovasi. Batu bata ekspos seperti ini dikenal dengan nama volta catalana atau lengkungan ala Catalan.

Bagian lama rumah ini yang masih dipertahankan adalah tekstur dan warna terakota serta ubin dengan pola. Hunian di Spanyol memang dikenal dengan ubin dengan pola. Hmm, ternyata bisa juga ya memadukan bagian jadul dengan menambahkan desain kekinian.

Baca juga: Rumah Tradisional Indonesia Ternyata Tahan Gempa

Ada Beberapa Ruangan yang Masih Menunjukkan Fitur Tradisional Terutama pada Lantai Berupa Ubin Bermotif dan Plafon Batu Bata Ekspos (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 709 kali