Sebuah stasiun KRL di Kota Jakarta. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Setelah Stasiun Tanjung Barat, Pondok Cina, Bogor, kini giliran Stasiun Juanda Jakarta Pusat, Tanah Abang, dan Senen memulai pembangunan hunian Transit Oriented Development (TOD). Pemancangan tiang pembangunannya telah dilaksanakan pada Selasa (10/10/2017). Acara ini dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk, Tumiyana.

Seperti dikutip dari Harian Kompas, Rabu (11/10/2017), PT PP membangun TOD Juanda di atas lahan seluas 9,1 hektare milik PT KAI. Menurut Direktur Utama PT PP (Persero) TBK, Tumiyana, di Stasiun Juanda akan dibangun dua menara dengan total unit 627. Sebanyak 36% luas yang terbangun diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Selain rusun, kawasan ini akan dilengkapi area komersial, apartemen sederhana milik (anami), akses langsung ke Stasiun Juanda, halte bus, dan fasilitas umum lainnya.

Baca juga: September 2017, Hunian di Stasiun Tanjung Barat Mulai Dipasarkan, Beli Yuk!

Pada saat bersamaan, juga mulai dibangun hunian TOD Stasiun Tanah Abang seluas 6,4 hektare. Untuk tahap pertama, akan dibangun 700 unit yang sekitar 35%-nya untuk MBR. Seperti halnya di TOD Juanda, pengembang akan menyediakan ruang untuk menampung aktivitas usaha rintisan.

Pada Selasa (10/10/2017) juga dilaksanakan acara yang sama di Stasiun Senen. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk membangun 3 menara hunian TOD Senen dengan total jumlah unit sebanyak 1.362. Satu menara dikhususkan bagi MBR.  Direktur Utama PT Wijaya Karya, Bintang Perbowo, mengatakan, pengembangan kawasan yang bernilai investasi Rp500 miliar ini diperkirakan akan berlangsung sekitar 4 tahun.

Baca juga: Susul Tanjung Barat, Perumnas Resmikan TOD Stasiun Pondok Cina

Menteri BUMN Rini Soemarno menginstruksikan luas hunian semua proyek hunian TOD setidaknya 32 meter persegi dan harganya Rp7 juta per meter persegi agar cukup nyaman dihuni meskipun harganya subsidi.

Proyek TOD di Juanda, Tanah Abang, dan Senen ini merupakan sebagian dari 13 lokasi pengembangan hunian berkonsep TOD yang pembangunannya ditargetkan dilaksanakan tahun ini. Sebelumnya, juga dilaksanakan di Tanjung Barat yang merupakan kolaborasi anatara PT KAI dengan Perum Perumnas, lalu di Pondok Cina. Juga di Stasiun Bogor.

Setelah ini, proyek hunian TOD akan berlanjut di Stasiun Jurangmangu dan Rawabuntu di Tangerang Selatan, Banten. Total ada 37 lokasi yang ditargetkan mulai dibangun tahun depan, dan 13 lokasi tahun ini.

 
Bagikan:
2345 kali