Jack Chen Mendesain Hunian Kecil Seluas 35 Meter Persegi (Foto: Rumah123/Realestate.com.au/Tess Kelly)

Arsitek Jack Chen membeli apartemen satu kamar sebagai percobaan apakah memang memungkinkan untuk menciptakan hunian indah. Apartemen ini hanya memiliki luas 35 meter persegi, sementara biaya renovasinya mencapai 80.000 dollar Australia (Rp820 juta).

Chen merupakan arsitek, desain interior, dan juga desainer multi disiplin. Dia memiliki biro arsitektur Tsai Design yang berkantor pusat di Melbourne, Australia.

Chen memang ingin mencoba merancang hunian yang keren dan nyaman. Hunian ini memiliki luas terbatas dan biaya renovasinya pun minim.

Baca juga: Rumah Mungil Sekaligus Hotel Sempit

“Saya ingin menyelaraskan rumah dalam apartemen ini,” ujar Chen seperti dikutip oleh situs Realestate.com.au.

“Tentunya ada bagian yang menunjukkan kemewahan dan pemahaman mengenai hidup di rumah. Tetapi, ini merupakan cara menemukan keseimbangan antara kemewahan, kenyamanan, dan ketersediaan,” lanjutnya.

Chen memang lebih menfokuskan pada kenyamanan dibandingkan memamerkan hal yang tidak penting. Dia melakukan banyak perubahan.

Baca juga: Mau Lihat Gantungan Baju untuk Rumah Mungil

Salah satunya dengan mengubah dapur dari bagian yang paling gelap menjadi area yang penuh cahaya alami. Dia juga menghilangkan meja makan agar hunian menjadi luas.

Dia merancang area multi fungsi. Ada ruangan yang menjadi kantor di siang hari, lengkap dengan meja kerja. Sementara pada malam hari, area ini menjadi ruang makan dan ruang duduk.

Salah satu kunci dalam mendesain hunian sempit, mungil, atau kecil adalah membuat solusi penyimpanan dan perabot yang fleksibel.

Baca juga: Tips Desain: 3 Tips Gimana Bangun Rumah Mungil

Bagikan: 3578 kali