Studio Arsitektur Korea Selatan, STPMJ Mendesain Rumah Lima Lantai dengan Fasad Batu Bata (Foto: Rumah123/Designboom/Bae Jihun)

Hunian ini berbeda dengan bangunan di sekitarnya. Fasadnya diselimuti batu bata. Bangunan setinggi lima lantai ini pun terlihat unik.

Studio arsitek STPMJ mendesain hunian ini. STPMJ memiliki kantor di New York, Amerika Serikat dan Seoul, Korea Selatan.

Hunian ini berada di kawasan Naebalsandong yang berada di ibu kota Korea Selatan, Seoul. Rumah ini mempunyai luas 175,7 meter persegi.

Baca juga: Mau Dong Tinggal di Gua Batu Bata Kayak Gini?

Klien merupakan sebuah keluarga dengan tiga anak perempuan. Mereka tinggal di kawasan yang padat penduduk, namun tetap teratur penataannya.

Luas lahan kurang dari 100 meter persegi, ada aturan parkir, dan lainnya. Studio arsitektur menyiasatinya dengan membuat hunian vertikal lima lantai.

Lantai pertama merupakan studio pembuatan furnitur untuk ayah dan juga ruang bermain bagi ketiga anak. Lantai kedua merupakan area umum seperti ruang keluarga, dapur, dan ruang makan.

Baca juga: Rumah Batu Bata yang Penuh Cahaya

Sementara lantai ketiga berisi ruang tidur utama, kamar tidur anak bungsu, serta perpustakaan kecil. Lantai keempat berisi kamar tidur anak kedua, kamar mandi, dan teras. Ruang tidur anak pertama berada di lantai kelima.

Berbeda dengan eksterior yang mengaplikasikan batu bata, interior mengaplikasikan warna cat putih pada dinding dan plafon. Sementara lantai menggunakan parket atau lantai kayu.

Arsitek menyiasati keterbatasan lahan di beberapa negara dengan membuat hunian lebih dari dua lantai. Kalau di Indonesia masih jarang ya, biasanya malah dianggap ruko alias rumah toko.

Baca juga: Ssstt, Batu Bata Ini Terbuat Dari Air Seni Manusia Lho

Bagikan: 643 kali