Ilustrasi Kota Mandiri atau Township (Foto: Rumah123/Realestate,com.au)

Holding Perumahan dan Pengembangan Kawasan berencana untuk membangun hunian dalam skala township atau kota mandiri. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kebutuhan perumahan yang sangat tinggi.

Kebutuhan hunian memang terus meningkat. Apalagi Indonesia akan mendapatkan bonus demografi dengan banyaknya penduduk dengan usia produktif.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana membentuk dua holding yaitu Holding Perumahan dan Pengembangan Kawasan serta Holding Infrastruktur. Holding perumahan ini terdiri dari tujuh perusahaan. Perum Perumnas akan menjadi pemimpin holding.

Baca juga: Cukup Bayar Rp5 Juta Bisa Punya Unit Apartemen di Urbantown Serpong

Enam anggota holding ini adalah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Virama Karya (Persero), PT Amarta Karya (Persero), PT Indah Karya (Persero) dan PT Bina Karya (Persero).

Pembentukannya untuk mendukung penyediaan kebutuhan perumahan nasional di seluruh wilayah Indonesia dengan harga terjangkau. Selain itu, kerja sama ini bakal membuat keuangan perusahaan lebih mandiri.

Adanya holding seperti ini, tentunya bisa membuat pembangunan hunian dalam skala kota mandiri atau township seperti yang dilakukan oleh perusahaan pengembang besar.

Baca juga:  Hunian Seharga Rp180 Juta, Hanya Ada di Urbantown Karawang

"Belum ada BUMN yang melakukan pembangunan mega township seperti BSD City, kami akan ada di skala itu," ujar Anggota Program Director Holding Perumahan dan Pengembangan Kawasan, Novel Arsyad seperti dikutip oleh Kompas.com.

Kawasan hunian yang bakal dibangun dan dikembangkan holding nantinya dilengkapi oleh berbagai fasilitas penunjang lengkap. Dia memberikan ilustrasi BSD City yang memiliki fasilitas lengkap. Nantinya, pembangunan kota mandiri ini juga memiliki akses ke kawasan industri.

Novel menyatakan ada sejumlah lokasi di Pulau Jawa yang dekat dengan jalan tol yang dikembangkan. Sayangnya, dia tidak mengungkapkannya.

Baca juga:  Sinar Mas Land dan Wijaya Karya Akan Bangun Rusunami Sederhana di BSD City

"Lokasinya sudah cukup banyak. Kalau bicara jalan tol yang ada di Jawa kan cukup banyak. Banyak lokasi potensial di sana berkat adanya konektivitas," ujar Novel yang juga Direktur Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Sistem PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Bagikan: 818 kali