Rain drops in the water Rain drops in the water
Hujan turun deras dan banjir pun melanda. Nah, banjir lokal pun bisa terjadi di rumah kamu kalau kamu tidak memeriksa saluran air rumah dengan detil.

Kondisi saluran air di seluruh rumah kamu harus menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan saat musim hujan datang.

Kamu harus mengecek saluran air yang berasal dari atap rumah yang kemudian menuju ke saluran pembuangan. Apakah ada kotoran yang menyumbat?

Kalau kamu memiliki pohon yang rindang, coba deh kamu rajin membersihkan sisa dedaunan yang berguguran. Saat hujan, daun-daun ini akan terbawa air hujan dan berpotensi menyumbat saluran air. Kamu nggak mau kan kalau saluran air di atas rumah tiba-tiba meluap dan air merembes ke plafon?

Baca juga: Musim Hujan Datang, Rumahmu Bisa Terancam Lho!

Pengecekan rutin memang harus dilakukan. Kamu mungkin tidak akan menyangka sampah apa saja yang bisa menyumbat saluran air kamu.

Kalau kamu menemukan ada kerusakan atau kebocoran pada pipa saluran air, segeralah kamu memperbaikinya agar kerusakan atau kebocoran tidak menjadi lebih parah.

Jangan lupakan juga mengecek saluran pembuangan air di depan rumah. Seringkali sampah bertumpukan di got depan rumah.

Walaupun ada petugas kebersihan lingkungan, kamu dan warga sekitar bisa berinisiatif untuk memeriksa dan membersihkannya.

Nah, kalau rajin melakukannya, kamu nggak perlu risau ada bagian saluran rumah yang mampet sehingga menyebabkan rumah banjir.

Bagikan:
1441 kali