law-architects Sekolah yang Didesain oleh Law Architects, Australia (Rumah123/Dezeen)

Tiga bangunan kecil ini merupakan bagian dari penambahan fasilitas dari Woodleigh School, sekolah menengah pertama (SMP) di Melbourne, Australia.

Woodleigh School ini sudah berdiri sejak 1970-an lalu. Sekolah ini berada di atas lahan seluas 20 hektar dan dekat dengan wilayah konservasi alam di Melbourne.

Baca juga: Wow, Keren Bener Nih Asrama Mahasiswa Kayak Gini!

Biro arsitek Australia, Law Architects mendesain penambahan tiga bangunan ini yang ditujukan sebagai rumah peternakan bagi 70 siswa Woodleigh School.

Setiap bangunan memiliki rangka dari kayu dan baja. Bangunan ini mempunyai banyak bukaan berupa jendela hingga ke atas plafon.

Baca juga: Beneran Lho, Rumah Pantai ini Didesain Tahan Angin Topan dan Badai!

Sejumlah meja, kursi, dan sofa diletakkan sebagai tempat belajar bagi para siswa. Supaya ruangan tidak tersekat, maka arsitek menggunkan gorden sebagai pemisah ruangan. Hal ini ditujukan agar ada latar belakang yang berbeda saat melakukan proses belajar mengajar.

Law Architects ingin membentuk bangunan ini menjadi inti dari kehidupan siswa dan menjadi model unik dalam mengajar dan belajar.

Baca juga: Mau Buat Rumah Peristirahatan dari Beton dan Kaca Seperti Ini?

“Ruangan ini dibentuk untuk menampilkan beragam bentuk pendekatan, menantang cara mengajar dan belajar yang lama dan baru,” ujar tim desain dari biro arsitek Law Architects seperti dikutip oleh Dezeen.

“Para siswa ditantang untuk belajar menjelajahi bangunan, membuat pilihan di mana dan kapan mereka menempati ruangan, belajar di dalam atau pun di luar,” lanjut tim desain dari biro arsitek Law Architects.

Baca juga: Simak Nih, Cara Rumah Ini Bisa Bergelimang Cahaya Matahari

Proyek ini memenangkan penghargaan A+Awards untuk kategori sekolah dasar dan menengah pada 2016. Sayembara ini diselenggarakan oleh Architizer. Lomba ini dilakukan untuk menghargai arsitektur bangunan di Australia.

Keren kan kalau punya sekolah seperti ini? Siswa dan siswi bisa belajar dengan nyaman dan tidak terpaku pada pola belajar yang kaku.

Baca juga: Hmm, Mungkin Ini Bisa Jadi Inspirasi Kamu Membuat Tangga Spiral dari Kayu

Kira-kira sudah ada nggak ya sekolah seperti ini di Indonesia. Kalau ada, masukkan saja putra putri kamu ke dalam sekolah seperti ini.

Bagikan:
1530 kali