Mata menjadi kuning merupakan salah satu gejala penyakit Hepatitis A - Rumah123.com Mata menjadi kuning merupakan salah satu gejala penyakit Hepatitis A - Rumah123.com/Getty Images

Penyakit Hepatitis A kembali mewabah di Depok. Serangan penyakit ini awalnya menjangkit puluhan siswa SMPN 20 Kota Depok, dan terus menyebar luas. Hingga tanggal 3 Desember, Kemenkes telah mencatat 262 kasus gejala Hepatitis A di Kota Depok — 171 di antaranya telah dinyatakan positif.

Wabah yang terjadi di Depok tersebut disebut berasal dari seorang office boy yang bekerja sambilan sebagai pedagang makanan di kantin sekolah. Office boy itu sendiri yang mengaku tak mencuci tangan dan tak mencuci bahan makanan dengan bersih. 

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono telah memberi peringatan kepada pemerintah daerah di sekitar wilayah Depok seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Tangerang Selatan untuk mewaspadai adanya penyebaran virus Hepatitis A. 

Penyebab dan bahaya dari penyakit Hepatitis A

Hepatitis A adalah penyakit yang merujuk pada peradangan hati. Umumnya, penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus HAV. Namun dalam beberapa keadaan, hepatitis A bisa juga disebabkan oleh penyakit autoimun, konsumsi alkohol berlebihan, dan pemakaian obat-obatan tertentu. Virus ini ditularkan melalui makanan, minuman, dan juga melalui hubungan seksual secara anal dan oral. 

Walaupun penyakit ini tergolong penyakit ringan, dan hampir 100% penderitanya sembuh, Hepatitis A tetap bisa berdampak pada kemampuan fungsi hati. Namun ada beberapa kasus langka di mana Hepatitis A bisa menyebabkan kematian. Kondisi ini disebut dengan fulminant hepatitis. Fulminant hepatitis merupakan kondisi di mana mendadak hati gagal berfungsi, lebih sering disebut dengan gagal hati akut. Penyakit hepatitis A kronis ini lebih sering terjadi pada lansia. 

Gejala penyakit hepatitis A

Tanda-tanda munculnya penyakit hepatitis A akan terlihat dalam beberapa minggu setelah penderita tertular virus tersebut. Adapun tanda-tanda di mana seseorang diperkirakan terpapar virus Hepatitis A antara lain:

- Tiba-tiba kelelahan

- Sering mual dan muntah

- Nyeri perut, terutama di sisi kanan atas di bawah tulang rusuk (tempat organ hati berada)

- Feses berwarna seperti tanah liat

- Warna kulit dan bagian putih mata berubah menjadi kuning

- Kehilangan selera makan

- Warna urin menjadi gelap

Pengobatan Hepatitis A

Sebenarnya, penyakit satu ini bisa sembuh dengan sendirinya. Sistem kekebalan tubuh lah yang berperan untuk membasmi virus tersebut. Tak ada pengobatan khusus yang harus dilakukan. Hanya saja, sejumlah hal ini bisa dilakukan untuk meredakan gejala yang dirasakan. Untuk mengobati penyakit ini, kamu bisa melakukan sejumlah hal berikut:

- Istirahat yang cukup

- Perbanyak konsumsi air putih

- Makan makanan sehat, bergizi, dan terjamin higienis

- Menghindari makanan beralkohol

- Tidak berbagi handuk dengan orang lain

- Disiplin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sehabis dari toilet

Bagikan:
8172 kali