Jumlah Kalori yang Terdapat Dalam Tiga Nastar Sama Saja dengan Sepiring Nasi. Saat Lebaran, Waktunya Kamu Menghitung Kudapan Apa Saja yang Bisa Dimakan Supaya Tetap Bisa Menjaga Pola Makan Hidup Sehat (Foto: Rumah123/Getty Images)

Salah satu kudapan ringan yang pastinya ada saat lebaran adalah kue nastar. Hati-hati ya, kalau kamu makan tiga potong nastar itu sama saja kamu menyantap satu piring nasi.

Hari Raya Idul Fitri di Indonesia tidak hanya mengenal ketupat dan opor ayam, tetapi juga sederetan kue kering yang memiliki rasa manis. Salah satu kue yang pasti tersaji adalah kue nastar.

Nastar berisi selai nanas. Kue ini terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, dan gula. Kudapan ini biasanya wajib ada di meja.

Baca juga: 4 Pekerjaan Sampingan Selama Ramadan Ini Bisa Jadi Solusi Tabungan DP Rumah

Penganan ini menjadi favorit. Banyak yang menyukainya. Kalau makan satu nastar seperti kurang. Orang bisa makan beberapa nastar.

Namun, jangan salah ya kalau ternyata nastar memiliki kalori yang tinggi. Waduh, tidak menyangka kan kalau seperti ini.

“Nastar ada bermacam-macam tergantung bahan yang dipakai, tapi tiga nastar itu kurang lebih 120 sampai 140 kalori. Punya kalori yang sama dengan sepiring nasi,” kata dr Tirta Prawita Sari seperti dikutip dari kantor berita Antara dan situs Tempo.co. Tirta merupakan pakar gizi.

Baca juga: Yuk, Jualan Kue Lebaran untuk Nambah DP Rumah

Wah, tidak bisa membayangkan kalau makan tiga nastar saja kalorinya sama dengan sepiring nasi. Bagaimana kalau menghabiskan satu toples kecil? Hmm, mungkin kamu seperti menyantap sebakul nasi.

Kue kering memiliki kandungan gizi berupa karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak. Karbohidrat didapatkan dari tepung, gula, telur, dan mentega. Zat lainnya seperti vitamin dan mineral tidak terlalu banyak ditemukan.

Tirta menjelaskan lebih lanjut bahwa kue kering seperti nastar terbuat dari gula dan tepung. Nah, tepung tidak memiliki serat. Kue kering ini kudapan yang memiliki banyak kalori.

Baca juga: Ga Bisa Bikin Kue Lebaran? Jadi Reseller Aja. Duitnya Buat Nambah DP

Pakar gizi ini juga menyatakan kalau terlalu banyak makan nastar bisa memicu naiknya kolesterol. Hal ini lantaran kue kering ini menggunakan banyak mentega dan butter yang mengandung lemak.

Untuk itu, kamu harus hati-hati dalam mengomsumsi nastar. Kalau bisa dihindari ya dihindari. Tetapi, sebagai penganan lebaran, mungkin kamu bisa tetap menyantapnya tentu dalam porsi yang cukup.

Bagikan: 1415 kali