Ilustrasi Hujan (Foto: Rumah123/REA Group Australia)

Hujan lebat disertai angin kencang membayangi kawasan Jakarta dan sekitarnya. Ada peluang bencana yang harus kamu waspadai ya gaes.

Harian Kompas edisi Selasa (11/12/2018) melansir prediksi cuaca dan peringatan yang disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Mulyono R. Prabowo.

Cuaca ekstrem diprediksi melanda Jakarta dan sekitarnya dalam satu minggu ke depan. Sementara banjir dan longsor juga berpotensi terjadi di ibu kota.

Baca juga: Aduh, Jangan Sampai Tersengat Listrik Saat Hujan Turun

Mulyono melanjutkan ada 13 wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan lebat dengan kilat dan angin kencang pada periode 10-16 Desember 2018. Jakarta, Banten, Jawa Barat masuk ke dalamnya. Hati-hati ya buat kamu yang tinggal di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Prediksi BMKG ini terlihat dengan yang terjadi di Jakarta pada Senin (10/11/2018). Hujan lebat disertai angin kencang melanda sebagian Jakarta.

Angin kencang melanda sejumlah area di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. Atap baja ringan di gerai makanan Rasuna Garden, Epicentrum, Jakarta Selatan terangkat lantaran angin kencang. Bangunan kantin porak poranda, namun tidak ada korban jiwa.

Baca juga:  Buruan Deh, Cek Atap Kamu Sebelum Hujan Datang

Sebelumnya, angin puting beliung terjadi di Bogor, Jawa Barat. Angin kencang ini menyebabkan 1.483 unit rumah rusak.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, coba deh kamu cek rumah kamu. Apakah ada bagian yang mungkin bisa copot atau terbang ketika terkena angin kencang.

Kalau ada, segera perbaiki. Jangan sampai atap asbes atau atap fiber copot gara-gara angin kencang. Rumah kamu bakal porak poranda, selain itu pecahan material ini bisa membahayakan tetangga. Segera cek rumah ya.

Baca juga:  Bangunan Berusia 117 Tahun Runtuh Karena Hujan Deras, Hati-hati Ya Kalau Musim Hujan

Bagikan: 921 kali