Ilustrasi Pohon (Foto: Rumah123/REA Group Australia/Getty Images)

Hujan deras dan angin kencang melanda kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) belakangan ini. Buat kamu yang tinggal di Bekasi, hati-hati ya ada 5.000 pohon yang rawan tumbang.

Intensitas curah hujan cukup tinggi pada musim hujan. Nggak hanya itu, hujan juga disertai oleh angin kencang. Masih ingat kejadian angin kencang di Bogor dan kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Angin kencang ini bisa mengakibatkan pohon tumbang. Pohon yang sudah berumur punya potensi tumbang. Hal ini bisa terjadi di Bekasi yang memiliki ribuan pohon berusia puluhan tahun.

Baca juga: Pohon Imitasi Warna-Warni Percantik Jalan MH Thamrin, Jakarta

“Jumlahnya ada lebih dari 5.000 pohon. Usianya sudah lebih dari 20 tahun karena penanaman pohon serentak waktu itu dilakukan tahun 1996,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tata Kota Kota Bekasi, Junaedi seperti dilansir oleh Kompas.com.

Dinas Tata Kota Kota Bekasi sudah mengerahkan 20 personel. Mereka tergabung dalam tim penebang pohon. Tim ini juga memiliki tugas untuk memantau pohon-pohon yang rawan tumbang serta menebang pohon-pohon yang hampir tumbang.

Sejumlah tindakan dilakukan oleh Dinas Tata Kota Bekasi. Pihak terkait ini melakukan peremajaan pohon-pohon tua. Caranya dengan memangkas pohon atau menanam ulang.

Baca juga: 2019, Pemprov DKI Bakal Cek 6 Juta Pohon di Jakarta

Dinas Tata Kota Bekasi mengutamakan penebangan pohon yang rawan tumbang. Jika pohon tumbang tentunya bakal mengganggu lalu lintas di jalan raya.

Partisipasi warga juga diharapkan dengan memberikan laporan kepada pihak berwenang mengenai pohon-pohon besar yang rawan tumbang. Saat laporan masuk, tim bakal langsung melihat kondisi pohon tersebut.

Insiden pohon tumbang sudah terjadi beberapa kali di Bintara Jaya dan Pondok Pekayon Indah pada akhir November dan pertengahan Desember 2018. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Buat kamu yang tinggal di Bekasi, hati-hati ya gaes.

Baca juga: Sinar Mas Land Akan Menanam Pohon Sakura di The Zora

Bagikan: 757 kali