Donald Trump- Rumah123.com Presiden Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump. Trump Baru Saja Menjual Rumah Mewah Miliknya ke Konglomerat Indonesia, Hary Tanoesoedibjo dengan Harga USD 13,5 Juta (Foto: Rumah123/Getty Images)

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menjual sebuah rumah mewah ke konglomerat Indonesia, Hary Tanoesoedibjo. Rumah ini berada di kawasan elit Beverly Hills, California, AS dengan harga USD 13,5 juta (Rp193 miliar).

Trump menjual rumah ini melalui perusahaannya. Begitu juga dengan Hary Tanoe yang membelinya lewat Hillcrest Asia Ltd, perusahaan yang terdaftar di British Virgin Islands. Transaksi jual beli properti di AS memang lazim menggunakan perusahaan.

The Washington Post melansir putra tertua Presiden AS, Donald Trump Jr. telah menandatangani penjualan. Perusahaan Trump, The Trump Organization tidak memberikan respon mengenai hal ini.

Baca juga: Peraih Medali Emas Asian Games 2018 Dapat Hadiah Rp1,5 Miliar, Bisa Beli Rumah Mewah Nih

Tetapi, Eric Trump yang mengelola perusahaan bersama Trump Jr. lantaran sang ayah menjabat Presiden AS, menyatakan karena kesibukan sang ayah sebagai presiden dan jadwal padat keluarga, keluarga tidak memiliki kesempatan untuk menikmati rumah selama ini dan jarang digunakan. Jadi masuk akal kalau rumah dijual.

Eric Trump mengungkapkan hal ini kepada Real Deal Los Angeles. Situs Real Deal ini juga yang mengabarkan informasi penjualan rumah mewah.

Sementara CNBC Indonesia mengutip pernyataan special assistant Hary Tanoe, Veranika Gunawan yang membenarkan pembelian rumah mewah tersebut.

Hary Tanoesoedibjo- Rumah123.com Hary Tanoesoedibjo (Berbaju Merah). Hary Tanoesoedibjo Membeli Rumah Mewah Milik Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Hary dan Trump Memiliki Bisnis Bersama Membangun Resort dan Lapangan Golf di Bali dan Jawa Barat (Foto: Rumah123/Getty Images)

Baca juga: Pasangan David Beckham dan Victoria Beckham Jual Rumah Mewah di AS

Donald Trump membeli rumah ini pada 2007 dengan harga USD 7 juta (Rp100 miliar). Dia tidak pernah tinggal di sini meski sering ke Los Angeles. Rumah ini juga tidak pernah disewakan.

Situs Zillow menyatakan kalau harga properti di kawasan sekitar rumah Trump memang naik. Trump sendiri mendapatkan keuntungan 93 persen dari harga beli.

Hary Tanoe dan keluarga Trump sudah saling mengenal cukup lama. Hary Tanoe dan Trump menandatangani kesepakatan kerja sama proyek di Jawa Barat dan Bali.

Baca juga: Wow, Kendall Jenner Sewa Rumah Mewah Rp379 Juta Per Bulan

Proyek ini adalah resort di Bali serta resort dan lapangan golf di Jawa Barat. Saat kedua proyek ini selesai, nilai investasinya mencapai USD 500 juta (Rp7,1 triliun).

Hary Tanoe sempat menghadiri upacara pelantikan Trump sebagai presiden AS. Dia sempat berfoto dengan Eric dan Lana Trump di hotel milik Trump, Washington DC.

Pria yang dikenal dengan nama HT ini merupakan salah satu konglomerat dan juga politisi di Indonesia. Dia memiliki MNC Group yang memiliki sejumlah media termasuk televisi, radio, media cetak, media online, dan lainnya.

Baca juga: Trauma Over Dosis, Penyanyi Cantik Demi Lovato Jual Rumah Mewah

Hary Tanoe juga mempunyai unit bisnis lain termasuk jasa keuangan dan juga properti. Pria yang memiliki lima anak ini juga menjadi Ketua Umum Perindo.

Sebelum menjual rumah mewah ini, Trump juga sudah melepas beberapa aset propertinya sejak dia menjabat presiden. Dia sudah menjual apartemen di Las Vegas dan gudang di South Carolina (keduanya di Amerika Serikat), serta tanah di Republik Dominika.

Bagikan: 1934 kali