Kalau kuliah di gedung kampus seperti ini, kamu bakal betah untuk belajar nggak ya?

Tanggal 2 Mei setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional alias Hardiknas. Tugas kita sebagai generasi penerus bangsa, bukan hanya sekadar upacara untuk memperingati hari penting ini.

Kita pun harus betul-betul memaknai arti pendidikan itu sendiri, dan mengimplementasikannya dalam hidup. Salah satu caranya adalah dengan mengenyam pendidikan setinggi mungkin, hingga jenjang universitas.

Buat yang mengira bahwa kuliah itu membosankan, pasti belum melihat gedung-gedung kampus di Indonesia dengan arsitektur yang sangat unik ini. Tidak hanya sedap dipandang, gedung kampus dengan desain unik ini juga bisa membuat mahasiswa betah belajar.

Nah, untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, Rumah123.com mau memperlihatkan kepada kalian para pembaca, 5 gedung kampus terbaik di Indonesia!

Crystal of Knowledge - Universitas Indonesia

gedung kampus - rumah123.com

Gedung ini merupakan perpustakaan pusat Universitas Indonesia. Terletak di sebelah danau, bangunan gedung ini berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektar dengan luas 33 ribu m2. Bukan hanya mengoleksi lebih dari enam juta buku di dalamnya, Perpusat UI juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah seperti kedai kopi, restoran, gym, supermarket, dan toko buku.

Seperti namanya, Crystal of Knowledge, gedung ini dibuat layaknya bentuk kristal yang mencuat tajam dengan tidak beraturan. Proses pembangunannya memakan waktu enam bulan dengan bujet Rp 170 miliar.

Baca juga: 4 Rekomendasi Gedung Pernikahan di Bawah Rp 20 Juta Buat Intimate Wedding

Menara Pinisi - Universitas Negeri Makassar

gedung kampus - rumah123.com

Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis. Gedung yang berfungsi sebagai Gedung Pusat Pelayanan Akademik (GGPA) ini didesain dengan konsep perahu tradisional tersebut. Menara Pinisi UNM merupakan gedung tinggi pertama di Indonesia dengan sistem fasade Hiperbolic Paraboloid, yang merupakan ekspresi futuristik dari aplikasi kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi.

BINUS Alam Sutera - Universitas Bina Nusantara

gedung kampus - rumah123.com

Gedung kampus Universitas Bina Nusantara (Binus University) di Alam Sutera, Tangerang, memiliki konsep green campus. Sistem sirkulasi udara yang baik membuat udara secara alami mengalir, sehingga penggunaan listrik untuk AC tidak terlalu besar. AC dan lift yang dipasang pun berteknologi terbaru yang efektif menghemat penggunaan listrik gedung. Dengan luas 60 meter persegi, bangunan 22 lantai ini menampung 40 ruang kelas dan laboratorium.

Baca juga: Rancang Hunian Impianmu dengan 5 Aplikasi Desain Rumah Online Gratis Ini

Gedung rektorat - Universitas Padjajaran

gedung kampus - rumah123.com

Gedung unik berbentuk donat raksasa ini dibangun berdasarkan sayembara gedung rektorat Universitas Padjadjaran. Konsep yang diusung oleh sang desainer adalah "Lembur Awi". Awi sendiri adalah bahasa Sunda dari bambu. Bagi masyarakat Sunda, bambu bisa menjadi berbagai macam: bahan bangunan, alat dapur, pakaian , makanan, bahkan alat musik.

New Media Tower - Universitas Multimedia Nusantara

gedung kampus - rumah123.com

Gedung yang mirip seperti batu koral dan berwarna abu-abu ini diresmikan pada tahun 2012 lalu. Setahun kemudian, gedung ini meraih penghargaan dengan menjadi juara pertama Gedung Hemat Energi pada Penghargaan Efisiensi Energi Nasional pada 2013. Terang saja, lantaran menggunakan kulit fasad ganda, gedung satu ini bisa mencapai 28 derajat celcius tanpa kehadiran AC.

 
Bagikan: 1667 kali