Biro Arsitek Australia, Hearth Studio, Mengubah Garasi Menjadi Hunian yang Nyaman (Rumah123/Apartment Therapy)

Saat harga rumah semakin mahal terutama di kota megapolitan, semakin banyak orang yang kreatif memanfaatkan ruang kosong. Bangunan ini kemudian disulap menjadi hunian yang nyaman.

Garasi punya potensi untuk dijadikan hunian. Ukurannya memang terbatas, namun masih bisa didesain untuk menjadi tempat tinggal.

Baca juga: Punya Gaji Rp1 Triliun, Intip Mobil yang Ada di Garasi Rumah Messi, Yuk!

Situs desain Apartment Therapy memberikan beberapa contoh alih fungsi garasi menjadi hunian yang nyaman dan juga keren abis. Pasti masih nggak percaya kan?

Ukuran garasi rumah di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat, Australia, dan lainnya memang lumayan besar jika dibandingkan dengan garasi rumah di Indonesia. Biasanya, garasi bisa membuat dua mobil sekaligus.

Baca juga: Wow, Banyak Banget Koleksi Mobil di Garasi Jagoan Belgia Eden Hazard

Biro arsitek asal Australia, Hearth Studio, mengubah garasi menjadi tempat tinggal. Hunian ini berada di Melbourne, Australia.

Hearth Studio memanfaatkan sejumlah barang bekas dalam rancangannya. Jendela, pintu, kursi, lampu, bak cuci piring, hingga kamar mandi memakai barang bekas layak pakai.

Baca juga: Mobil Sekaligus Rumah, Gak Perlu Garasi Kali Ya?

Lantai menggunakan beton ekspos. Sementara untuk mempercantik ruangan, tanaman dalam pot kecil ditempatkan.

Nah, kalau orang tua kamu memiliki garasi yang cukup luas, mungkin kamu bisa mengubahnya jadi hunian sementara sambil menabung untuk DP dan cicilan rumah.

Sebaliknya juga nih, kalau kamu punya rumah dengan garasi cukup luas, kenapa nggak diubah menjadi hunian? Kamu bisa menyewakan dan mendapatkan pemasukan tambahan.

Bagikan: 1628 kali