Kepa Arrizabalaga Menjadi Kiper Termahal di Dunia dengan Nilai Transfer Rp1,3 Triliun. Kalau Dibelikan Apartemen di Indonesia Bisa Mendapatkan 2.652 Unit Apartemen (Rumah123/Metro.co.uk)

Pernah membayangkan kalau harga transfer pemain sepak bola di Eropa begitu besar. Saking gedenya, biayanya bisa membangun ribuan unit apartemen!

Klub Inggris, Chelsea baru saja memboyong Kepa Arrizabalaga dari tim Spanyol, Athletic Bilbao dengan mahar mencapai 71,5 juta pound (Rp1,326 triliun). Kepa akan dikontrak selama 7 tahun hingga 2025.

Baca juga: Pep Guardiola, Tajir tapi Ga Sanggup Beli Rumah

Nilai transfer ini mengalahkan transfer Alisson, kiper tim nasional Brasil dari tim Italia, AS Roma ke klub Inggris, Liverpool dengan nilai 65 juta pound (Rp1,2 triliun). Kepa pun ditahbiskan menjadi penjaga gawang termahal di dunia.

Kepa merupakan kiper tim nasional Spanyol nomor dua setelah kiper Manchester United, David de Gea. Pemain yang baru berusia 23 tahun ini membela Athletic Bilbao sejak masih kecil, pada 2004.

Baca juga:  Cristiano Ronaldo Akhirnya Punya Rumah Baru di Italia

Dia direkrut untuk menggantikan kiper tim nasional Belgia, Thibaut Courtois yang pindah ke tim Spanyol, Real Madrid. Kepa akan menjadi kiper utama Chelsea hingga beberapa musim mendatang.

Bayangkan kalau sebuah klub berani membayar Rp1,3 triliun untuk memboyong satu orang pemain saja. Kalau dikonversikan ke Indonesia, bisa untuk menggelar Liga Indonesia untuk berapa tahun ya.

Baca juga: Kiper Termahal di Dunia Juga Pernah Tinggal di Tempat Kumuh

Seandainya uang tersebut dibelikan apartemen bisa dapat banyak lho. Harga satu unit apartemen tipe studio, Apartemen Tanjung Barat yang berkonsep transit oriented development (TOD), harganya masih di bawah Rp500 juta. Masih berkisar Rp420 juta hingga Rp435 juta.

Yuk, berhitung jika nilai transfer Kepa itu mencapai Rp1.326 triliun, sementara harga satu unit apartemen Tanjung Barat itu Rp500 juta, maka bisa didapatkan 2.652 unit apartemen.

Wah, banyak banget ya. Jika uangnya bisa digunakan untuk membeli hunian, ya bakal ada ribuan orang yang bisa punya rumah. Seandainya ya…

Bagikan: 768 kali