Ilustrasi Halte Bus Transjakarta. Halte Transjakarta Akan Terintegrasi dengan Stasiun MRT (Foto: Rumah123/Transjakarta.co.id)

Pengelola Transjakarta, PT Transjakarta bakal melakukan integrasi empat halte dengan stasiun MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu) fase 1 yang merupakan rute Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Transjakarta memang memiliki rute yang sama dengan MRT. Sebelumnya, memang ada rencana modifikasi rute Transjakarta kalau MRT beroperasi.

Dari empat halte, dua halte melayani Transjakarta koridor 1 (Blok M-Kota), satu halte melayani koridor 13 (Ciledug-Tendean), dan satu halte melayani koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni Sentral).

Baca juga: 96 Unit Kereta MRT Telah Berada di Depo Lebak Bulus

Halte pertama yang akan terintegrasi adalah halte Transjakarta di Bundaran Hotel Indonesia dengan stasiun Bundaran Hotel Indonesia. Keduanya berada di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Pembangunan halte Bundaran Hotel Indonesia untuk koridor 1 ini sedang dilakukan. Penyelesaiannya ditargetkan selesai sebelum Maret 2019.

“Halte Bundaran HI lagi dibangun. Nanti lokasinya persis di tengah dan nyambung dengan stasiun MRT Bundaran HI. Setelah naik MRT bisa langsung ganti naik Transjakarta atau sebaliknya,” ujar Direktur utama PT Transjakarta Agung Wicaksono seperti dikutip oleh Kompas.com.

Baca juga: MRT Bakal Beroperasi, Rute TransJakarta Bakal Dimodifikasi

Halte kedua yang akan saling terintegrasi adalah halte Tosari dengan stasiun MRT Dukuh Atas. Halte Tosari juga melayani Transjakarta koridor 1.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah mengganti jembatan penyeberangan orang (JPO) yang sebelumnya terhubung dengan halte ini dengan pelican crossing atau area penyeberangan.

Penumpang Transjakarta bisa menyeberang melalui pelican crossing. Lantas penumpang berjalan kaki menuju stasiun MRT Dukuh Atas. Begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Mau Tahu Bedanya Transpatriot dengan Transjakarta

Halte ketiga yang akan terintegrasi adalah halte Transjakarta CSW dengan stasiun MRT Sisingamangaraja. Halte ini melayani Transjakarta koridor 13.

Halte keempat adalah halte Lebak Bulus dengan stasiun MRT Lebak Bulus. Halte Transjakarta Lebak Bulus ini melayani koridor 8. PT Transjakarta sedang melakukan kajian integrasi.

MRT direncanakan akan beroperasi pada Maret 2019 mendatang. Fase 1 memiliki panjang 16 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Fase 1 ini mempunyai stasiun bawah tanah dan stasiun layang.

Baca juga: Pengguna Transjakarta Dapat Diskon 50 Persen Masuk Ancol Pada 1 Januari 2019

Bagikan: 1377 kali