Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (tengah) saat acara groundbreaking Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang merupakan Program Rumah DP 0% Pemprov DKI. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea
 

Rumah DP Nol Rupiah program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang telah melaksanakan groundbreaking atau peletakan batu pertama pada Januari 2018, kini dirilis Gibernur DKI Jakarta Anes Baswedan pada Jumat (12-10-2018).

Menurut Anies, peluncuran tersebut melengkapi program perumahan dan permukiman Pemprov DKI Jakarta yang sudah berjalan sebelumnya, yakni Rusunawa dan Rusunami.

"Hari ini kita sama-sama hadir meresmikan Program Hunian DP Nol Rupiah yang beberapa bulan lalu kita juga hadir di tempat ini menyaksikan groundbreaking sisi konstruksinya," kata Anies antara lain dalam sambutannya seperti dikutip Detik.com, Jumat (12-10-2018).

Baca juga: Pemprov DKI Bangun Hunian DP Rp0, Ciyus nih! Mau Beli Gak?

Anies juga mengatakan, masih ada 51,7% penduduk DKI yang belum memiliki hunian sendiri. Padahal, rumah merupakan kebutuhan dasar.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat meninjau area proyek pembangunan Rusunami DP Nol Rupiah, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, (18/1/2018). Foto: Rumah123/Jhony Hutapea
"Karena itu kami ingin agar kebutuhan dasar warga Jakarta bukan hanya dipikirkan, tapi diberikan solusi. Salah satu hambatan adalah masalah biaya uang muka. Oleh karenanya program ini jadi salah satu prioritas (karena tanpa DP)," kata Anies.

Anies menyadari bahwa biaya hidup di Jakarta cukup tinggi. Salah satu pembiayaan utama warga DKI Jakarta adalah kebutuhan tempat tinggal. “Dengan adanya program ini diharapkan dapat menjadi solusi menyediakan hunian dengan skema yang murah," kata dia.

Baca juga: Rumah DP 0% Pemprov DKI di Pondok Kelapa Diluncurkan 12 Oktober 2018

Sedangkan PLT Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman DKI, Meli Budiastuti, mengatakan, program ini bertujuan untuk memfasilitas warga DKI khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) agar bisa punya rumah.

Buat kamu yang udah lama nunggu hunian vertikal DP Nol Rupiah milik Pemprov DKI di Klapa Village, kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, ini segera aja siap-siap untuk mendaftar pada 1 November 2018. Jangan lupa, harus memenuhi persyaratannya.

 
Bagikan: 1126 kali