IKEA Indonesia Kembali Menghadirkan Produk-Produk UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam Program Teras Indonesia di Toko IKEA Alam Sutera, Tangerang, Banten (Foto: Rumah123/IKEA Indonesia)

IKEA Indonesia kembali menghadirkan Teras Indonesia di toko IKEA di Alam Sutera, Tangerang, Banten. Teras Indonesia merupakan pameran produk unggulan kerajinan karya UKM (Usaha Kecil Menengah).

Produk yang dihadirkan adalah ragam kerajinan unggulan favorit yang kreatif, menarik, dan mengutamakan tema budaya Indonesia. Ada tiga UKM yang hadir yaitu Batik Faroh, Salsabila, dan Tanaya Batik.

Teras Indonesia berada di area pintu masuk toko IKEA Alam Sutera. Pameran ini dilangsungkan pada 1-3 Maret 2019.

Baca juga: Berisiko Jatuh, IKEA Tarik Meja Makan Glivarp dari Konsumen

Program ini sendiri merupakan kerja sama antara IKEA Indonesia dengan Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA). Tujuannya adalah mendorong dan memperkenalkan konsumen terhadap produksi kerajinan UKM yang berpartisipasi.

Sebelum bisa menampilkan produk-produknya di IKEA Alam Sutera, tim Interior Designer IKEA memberikan pengetahuan tentang praktik-praktik terbaik bagi UKM yang berpartisipasi mengenai cara memamerkan produk sehingga dapat terus bermanfaat pada pameran-pameran berikutnya di tempat lain.

Batik Faroh merupakan usaha batik yang dikelola oleh Fatchur Rahman sejak 1990-an. Dia meneruskan usaha orang tuanya.

Baca juga: IKEA Hadirkan Tempat Tidur Modular Delaktig

Batik asal Pekalongan ini menggunakan beragam variasi jenis bahan mulai dari katun hingga sutra. Proses pembuatannya juga beragam mulai dari canting hingga alat printing. Salah satu ciri khasnya adalah motif bunga dan hewan burung.

Salsabila merupakan usaha interior yang berdiri pada 2012 di Depok. Awalnya, Ruci yang mendirikan usaha ini karena banyak perumahan baru di sekitar tempat tinggalnya.

Belakangan, usahanya berkembang. Ruci berinisiatif untuk melengkapi koleksi usahanya dengan produk pelengkap dekorasi rumah.

Baca juga: Jaga Lingkungan Hidup, IKEA Bakal Uji Coba Penyewaan Furnitur

Sedangkan Tanaya Batik berdiri pada 2012. Yuliana Krisnawati mendirikan usaha ini karena ingin membantu pemasukan finansial keluarga.

Setelah itu, usaha ini berkembang. Apalagi Yuliana mulai mengikuti beragam kegiatan pelatihan, pameran, dan lainnya.

Bagikan: 482 kali