inflasi 2021

Khawatir dengan inflasi 2021, saatnya kamu mulai belajar untuk mengatur keuangan, tentunya agar tidak boros, bisa menabung, dan berinvestasi. 

Topik inflasi di tahun 2021 kini kembali menjadi perbincangan hangat di kalangan pelaku industri properti dan masyarakat umum di Indonesia.

Inflasi merupakan kata yang pastinya kamu sering dengar saat belajar pelajaran ekonomi di sekolah.

Di dunia bisnis, inflasi juga kerap kali diperbincangkan oleh para pengusaha dan pelaku industri, termasuk dalam sektor properti.

Buat kamu yang lupa apa itu inflasi? Secara umum inflasi adalah suatu kondisi di mana terjadi kenaikan harga barang dan jasa.

Namun pengertian inflasi dinukil dari laman resmi Bank Indonesia (BI), diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Melansir Kontan.co.id, Erwin Haryono, Kepala Departemen Komunikasi BI menyatakan bahwa inflasi Juni di 2021 diperkirakan sebesar 0,81% (year to date-ytd) dan secara tahunan sebesar 1,40% (year on year-yoy).

Dampak inflasi 2021 menyebabkan kenaikan biaya di hampir semua sektor, sehingga akan menggerus nilai uang yang kamu miliki.

Kamu akan sangat merasakan bagaimana penyebab inflasi 2021 mempengaruhi daya beli keperluan sehari-hari,  bisa jadi turut memengaruhi harga skin care kamu juga lo.

Oleh karenanya, kamu bisa membuat strategi keuangan sendiri untuk membuat aset berkembang lebih besar dari laju nilai inflasi 2021.

Cara Atur Keuangan untuk Menghadapi Inflasi 2021

Situs properti Rumah123.com akan membahas mengenai pengaturan keuangan menghadapi inflasi 2021, yuk disimak.

1. Menerapkan Hidup Hemat

Untuk bisa memiliki keuangan yang sehat ketika menghadapi inflasi 2021, kamu bisa memulainya dengan menerapkan pola hidup hemat dengan tepat.

Sebaiknya, kamu memang mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan yang ada, kalau bisa malah secara detail.

Kemudian, lihat kembali kira-kira pengeluaran apa saja yang tidak dibutuhkan, agar bisa dipangkas.

Selanjutnya, kamu bisa membuat anggaran untuk membatasi pengeluaran di masa inflasi tahun ini.

Satu poin yang kamu harus ingat, kamu perlu disiplin dan mentaati aturan pengeluaran yang telah kamu buat sendiri.

2. Jangan Malas Berinvestasi

Investasi merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi uang tabunganmu dari efek inflasi 2021, banyak pilihan investasi.

Kamu bisa meletakkan uang pada aset-aset investasi seperti beli rumah modern minimalis idaman.

Kamu bisa pula berinvestasi dengan membeli dan menabung logam mulia dengan memperhatikan harga emas terbaru 2021.

3. Buat Rencana Keuangan Bertahap

Sebagai solusi menghadapi inflasi 2021, hendaknya kamu memiliki rencana keuangan baik itu untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Bagi yang sudah berkeluarga, kamu bisa mendiskusikan bersama pasangan mengenai pola keuangan yang sehat, agar perekonomian keluarga tetap stabil.

4. Pilih Cicilan dengan Suku Bunga Tetap

Bila kamu sedang merencanakan memiliki rumah dengan cara Kredit Pemilikan Rumah alias KPR, pilihlah bank yang menawarkan fasilitas suku bunga tetap (fixed rate).

Dengan memperoleh suku bunga KPR rendah, besar cicilan akan tetap hingga batas yang ditentukan.

Umumnya, pihak bank akan menawarkan suku bunga fix rate untuk 3 tahun hingga 10 tahun pertama, dan periode selanjutnya berlaku floating rate.

5. Pantau Informasi

Nah untuk langkah terakhir, mulailah untuk lebih memperhatikan berita dan tren keuangan, sehingga kamu terhindar tertipu investasi bodong yang sedang marak belakangan ini.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips mengenai perencanaan keuangan dan investasi.

Pilihan yang tepat untuk memiliki rumah tapak di kawasan Depok, Jawa Barat adalah Carlton Private Residence.

Bagikan:
436 kali